IKLAN

Yess…! Pilkada 17 Februari, Soal Anggaran? Sendoh: Saya Laporkan Dulu ke Pimpinan”


Suasana Rakor KPU Manado dan Muspida membahas tahapan Pilkada Manado

MANADO – Pelaksaan Pilwako Kota Manado yang sudah dipatenkan KPU untuk segera digelar 17 Februari 2016, makin menarik diikuti.

Tarik ulur soal permintaan anggaran tambahan Rp8 M menjadi pokok pembahasan paling krusial yang hingga kini belum ada kata sepakat dari Pemkot Manado. Bahkan sampai digelarnya Rakor oleh KPU bersama Pemkot, Kepolisian, TNI serta DPRD Manadp dan unsure Forkominda, Rabu (27/1), pembahasan anggaran itu mentah lagi.

Pasalnya, Sekretaris Kota Manado, M.H.F Sendoh yang hadir minus penjabat Wali Kota, Royke Roring, masih akan melaporkan rekomendasi hasil Rakor ini ke atasannya.

“Hasil pertemuan rakor dengan KPU ini akan saya laporkan dulu pada pimpinan saya (Penjabat Walikota, red), karena saya ini bukan dalam kapasitas penentu kebijakan. Saya ada pimpinan,” ungkap Sendoh.

Yang pasti menurutnya, forum tadi merekomendasikan 17 Februari Pilwako Manado. “Itu saya akan laporkan (ke Penjabat Walikota, red). Karena ada proses-proses dukungan administrasi kesana, apalagi anggaran ini tidak tertata dalam APBD 2016,” ujarnya.

Nah, dukungan-dukungan administrasi menurut Sendoh sangat penting dan sangat diperlukan.  “Tidak ada salahnya kita berhati-hati supaya di kemudian hari tidak ada yang saling menyalahkan, dan justru menjadi salah,” tukas Sendoh.

Unsur Muspida dan pasangan calon yang ikut hadir dalam Rakor KPU Manado

DPRD Manado sendiri mendukung pergeseran anggaran Pilkada lanjutan ini. Bahkan lembaga wakil rakyat tersebut rela menggeser anggaran di sekretariat dewan Rp12 miliar. “Itu disampaikan Pak Benny Parasan anggota dewan yang hadir dalam rakor demi suksesnya Pilkada Manado,” kata Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Manado, Amrain Razak.

KPU mengusulkan penambahan anggaran tahapan Pilwako 17 Februari sekitar Rp8 M. Di kas KPU sendiri masih ada sisa anggaran sekitar Rp2 M, sisa dari anggaran yang dialokasi dalam APBD Induk 2015.

“Jadi disepakati semua unsur mendukung keputusan tersebut serta menyetujui untuk penambahan anggaran dalam Pilkada 17 Februari,” jelasnya.

KPU sendiri segera menindaklanjuti dengan berkoordinasi instansi terkait dalam hal ini Pemkot dan Dekot Manado. Selain itu tahapan Pilkada sudah mulai dijalankan.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan eksekutif dan legislatif,” jelas wartawan senior ini. (antoreppy)

 

Manado Fiesta 2017