IKLAN

Wujudkan Mitra Hebat, Bupati JS Berguru Pada Salah Satu Orang Hebat di Indonesia


Bupati James Sumendap SH dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat berbincang dengan Dubes RI untuk Filipina Letjen TNI (Purn) Johny J Lumintang, pada HUT ke-10 Mitra.

RATAHAN — Berbagai prestasi telah diukir oleh Bupati James Sumendap SH, saat menjabat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) sejak Tahun 2013. Bahkan Bapak Pembangunan Mitra telah disematkan masyarakat kepadanya, karena pembangunan saat ini sangat nyata di mata masyarakat.
Itu semua ternyata tak lepas dari peran salah satu orang hebat di Indonesia, yang tumbuh besar di Mitra. Orang tersebut saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Filipina, Letjen TNI (Purn) Johny J Lumintang.
“Saat menjadi bupati Pak James ketemu saya dan ada beberapa hal yang saya sampaikan kepada beliau Tahun 2013 yang lalu,” kata Lumintang, Selasa (23/5/2017).
Dubes berpesan kepada Bupati sebagai mantan TNI, untuk belajar dari Jenderal Sun Tzu dari Cina yang hidup 544 hingga 496 SM. Ini kata-kata yang dikutip Lumintang dari Jenderal Sun Tzu untuk Bupati JS.
“Pertama ketahui dirimu dan ketahui musuhmu, maka seribu kali kamu berperang seribu kali kau menang. Kedua, jika kamu hanya tau dirimu dan tidak tahu kemampuan musuh, maka jika beperang kamu akan sekali menang dan sekali kalah. Ketiga, jika kamu tidak tahu kamu siapa dan lawanmu siapa, maka kamu tidak akan pernah menang,” pesan Lumintang.
Lanjut, Dubes pun mengatakan kepada bupati agar mencari tahu segala potensi yang ada di Mitra dan harus dikembangkan.
“Waktu itu juga saya katakan kepada Pak James, untuk melihat segala potensi di Mitra, seperti pertanian, perikanan, peternakan untuk dikembangkan,” jelas Dubes.
Dikatakannya lagi kepada Bupati JS saat baru menjabat, kehebatan pemimpin itu tak lepas dari pembantu-pembantu yang ada.
“Saya katakan kepada Pak James, pembantu-pembantu itu harus hebat, jika tidak haruslah diganti,” tandasnya memotivasi. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017