IKLAN

Wujudkan Kerukunan, BMI Bitung Berbaur di Shalat Ied


Foto bersama BMI Kota Bitung dan Tokoh Muslim usai Shalat Ied

Foto bersama BMI Kota Bitung dan Tokoh Muslim usai Shalat Ied

BITUNG-Kerukunan antar umat beragama di Kota Bitung patut diapresiasi karena masih tetap terpelihara dengan baik. Ketika umat Muslim merayakan hari Raya Idul fitri, yang diawali dengan pawai Takbiran sampai dengan pelaksanaan Shalat Ied di puluhan lokasi yang tersebar di Kota Bitung, Ormas Adat Brigade Manguni Indonesia (BMI) Kota Bitung terlibat aktif dalam melakukan pengamanan.

Pantauan manadoline.com disejumlah titik pelaksanaan Shalat Ied beberapa waktu lalu, dua sampai lima orang anggota BMI Kota Bitung terlihat berada di sejumlah lokasi Shalat Ied. Merekaberbaur dengan umat Muslim yang akan melaksanakn Shalat Ied, tanpa ada jarak satu sama lain.

“BMI sebagai Ormas Adat, sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Kerukunan antar umat beragama dan  menghargai perbedaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan ketika umat Muslim merayakan hari besarnya, adalah wujud nyata sikap saling menghormati dan menghargai yang diekspresikan oleh BMI Kota Bitung,” kata Fabian Kaloh Tonaas BMI Kota Bitung, Minggu (19/7).

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam tubuh BMI Kota Bitung terdiri dari berbagai etnis dan agama yang menyatu dalam kebersamaan. Ada anggota yang beragama Kristen, Muslim, Hindu, Budha dan aliran kepercayaan lainnya.

“BMI terlibat dalam kegiatan hari besar umat Muslim bukanlah hal yang baru, tapi ini sudah menjadi tradisi toleransi umat beragama di Kota Bitung. Kami berharap kondisi kerukunan yang tercipta dan tetap terpelihara selama ini, jangan sampai dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, untuk itu saya mengajak semua elemen masyarakat Kota Bitung untuk bersinergi menjaga Persatuan dan Kesatuan,” pungkasnya.(jones)