IKLAN

Wow… Anggaran Dinas Pariwisata Kota Bitung Hanya 3 M Untuk 1 Tahun


Marchel Tatuil

Marchel Tatuil

BITUNG-Sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang akan digenjot oleh Pemimpin baru Kota Bitung, Max Lomban dan Maurits Mantiri, karena memiliki multi efek untuk peningkatan ekonomi rakyat. Tapi sangat disayangkan, bahwa ternyata anggaran untuk Dinas Pariwisata Kota Bitung tahun 2016 hanya sebesar 3 Milyar Rupiah, sudah termasuk dengan gaji PNS dan THL serta operasional.

“Program Pemkot Bitung untuk menggenjot sektor Pariwisata, seperti api jauh dari panggang, pasalnya dana untuk satu tahun anggaran hanya tiga Milyar Rupiah, masih kalah jauh dengan daerah Minut yang anggaran untuk Pariwisata sudah mencapai angka sembilan sampai dua belas Milyar Rupiah,” ujar Marchel Tatuil, pemerhati Pariwisata Kota Bitung, Rabu (27/4).

Ia pesimis, jika dinas Pariwisata bisa mengoptimalkan promosi wisata di Kota Bitung, apalagi minimnya ivent untuk menunjang sektor ini, yang merupakan ide dari Dinas sendiri. Kalender iven Dinas Pariwisata, rata-rata mengadopsi kegiatan dari Hari Raya Agama maupun Lembaga Adat, contonhnya, Tulude adat Sitaro-Sangihe-Talaud, Cap Go Meh perayaan Umat Tri Dharma, Pawai Takbiran dan Hari Raya Ketupat dari umat Muslim, serta kegiatan lainnya.

“Alokasi dan untuk sektor Pariwisata sangat berbeda jauh dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, contohnya daerah Bayuwangi yang mengalokasikan anggaran empat Milyar Rupiah hanya untuk promosi dan setiap bulan ada iven, bahkan ada daerah yang memberlakukan bebas pajak bagi sponsor dilokasi kegiatan Iven khusus disaat pelaksanaan acara,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkot Bitung, Jimmy Lesar, mengakui bahwa anggaran untuk Dinas Pariwisata hanya Rp3 miliar sudah termasuk gaji dan kegiatan dinas lainnya.

“Kami tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot pariwisata walaupun dengan dana yang sangat minim,” kata Lesar(jones)