IKLAN

Wow 1 Juta Wisman ke Sulut, Target Pemprov 2017


Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw saat selesai upacaaHUT RI di halaman Kantor Gubernur, Rabu (17/8) (foto:Kandi/ML)

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw saat selesai upacaaHUT RI di halaman Kantor Gubernur, Rabu (17/8) (foto:Kandi/ML)

MANADO– 1 juta wisatawan mananegara (Wisman) masuk Sulawesi Utara (Sulut) menjadi sasaran target Pemerintah Provinsi (Pemprov), hal ini dikatakan Gubernur Olly Dondokambey, sembari mendorong Kabupaten/Kota menciptakan agenda pariwisata berskala Internasional.

Selain itu, Olly menambahkan target kedepan akan menambah 12 penerbangan atau jalur per hari dari Brunai Darusallam, Korea dan Jepang sehingga target perhari 2500 orang dikali 3 bulan bisa 30 ribu bisa diraih sampai Desember 2016.

“Per hari 2500, hingga 2017 target bisa lebih 1 juta wisman. Misalnya, Minahasa selenggarakan tempat-tempat pariwisata religius sehingga menjadi kunjungan destinasi baru, begitu pun dengan Minut dengan budaya tentang goa-goa Jepang,”jelas Olly

Memang kita harus hadapi, infrastruktur di Sulut saat ini selama menjabat sangat minim. Tantangan bagi Pemprov, Sulut tidak masuk 10 destinasi unggulan dari Kementerian Pariwisata. Namun Olly mendorong dengan lakukan road show di Kabupaten/Kota.

Saat ini, Sulut mendapat kepercayaan dari maskapai Lion Air, City Link dan Sriwijaya sehingga mereka mau membuka rute dari China ke Sulut.

“Mudah-mudahan didukung warga Sulut, yaitu tadi kita sama-sama perbaiki infrastruktur di masing-masing Kabupatem/Kota agar target 1 juta wisman hingga 2017 tercapai juga peluang warga Sulut menciptakan lapangan pekerjaan,”kuncinya saat selesai upacara 17 Agustus, kemarin.

(srikandipangemanan)