IKLAN

Wouw… Bitung Koleksi 532 Tenaga Guru Honorer


Rapat Kerja Komisi A DPRD Kota Bitung dengan Instansi terkait guru THL, Senin (14/3)

Rapat Kerja Komisi A DPRD Kota Bitung dengan Instansi terkait tenaga guru honorer, Senin (14/3)

BITUNG-Jumlah murid sekolah di Kota Bitung berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Nasional Kota Bitung, kurang lebih 50.000 siswa. Sedangkan jumlah tenaga guru PNS 1.638 dan tenaga guru non PNS atau tenaga guru honorer 532.

“Berdasarkan data tersebut, untuk akumulasi 4 tahun terakhir ini maka Kota Bitung kekurangan sekitar 200 tenaga guru, karena per tahun di Kota Bitung ada sekitar 50 guru yang pensiun dan tidak ada pengganti,” ujar Kadis Diknas Kota Bitung, Ferdinand Tangkudung, SIP, MSi, kepada awak media, Senin (14/3), usai Rapat Kerja terkait THL.

Tangkudung mengaku, sudah empat tahun Pemkot Bitung memperjuangkan agar pemerintah pusat membuka rekrutmen CPNS khusus tenaga guru, namun sia-sia. Akibatnya, selama empat tahun dunia pendidikan Kota Bitung mengalami kekurangan tenaga guru sebanyak 200 orang.

“Kami berharap pemerintah Provinsi dan Pusat bisa membuka rekrutmen untuk tenaga guru di Kota Bitung, sehingga bisa menjawab angka rasio satu guru mengajar maksimal 28 siswa untuk SD dan maksimal 32 siswa untuk SMP serta SMU/SMK,” harapnya.

Ia mengaku, akibat dari kekurangan tenaga guru terjadi pembengkakan APBD. Untuk tahun 2016, Pemkot Bitung harus menganggarkan 2 Milyar Rupiah bagi 532 tenaga guru honorer, agar supaya tak mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. (jones)

 

 

Manado Fiesta 2017