IKLAN

Wisman Membooming, ODSK Genjot Bunaken “Dikeroyok”


Gubernur Olly Dondokambey dan Wawali Manado, Mor Bastiaan bersama sejumlah SKPD dan Forkopinda saat hadir di Pulau Bunaken, menghadiri Coral Triangle Day 2016 didampingi Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan serta para pelaku pariwisata di pulau Bunaken,

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wawali Manado Mor Bastiaan saat berada di Pulau Bunaken, menghadiri Coral Triangle Day 2016. Bukti bersinergi dengan pihak terkait “Keroyok” TNB, beberapa waktu lalu (foto:Ist)

MANADO-Taman Nasional Bunaken (TNB) terus lakukan pembenahan dikeroyok secara bersama dimasa kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK). Apalagi, kemajuan disektor pariwisata terus melaju sejak membooming wisatawan mancanegara (Wisman) asal Tiongkok.

Hal ini dikatakan Kepala Biro Sumber Daya Alam Setda Sulut Dr Frangky Manumpil. Kepada Manadoline, Ia menambahkan semua instansi kerja sama bukan hanya tanggungjawab pemerintah pusat.

Dua masalah serius yang harus perhatikan baik masyarakat, pihak travel agent harus tahu di TNB yaitu sampah dan konferfasi terumbu karang.

“Zona inti daerah itu tidak boleh otak atik keanekaragaman hayati. Bagusnya hal tersebut sekarang ditetapkan lagi artinya bisa lakukan snorkling, diver apalagi yang pemula jangan sampai merusak karang karena nantinya tumbuh 0,8-1 cm, butuh waktu lama,”jelas Manumpil saat berada di ruang kerjanya, belum lama ini.

Lanjutnya, dengan sinergitas yang dibangun selama ini sehingga Pemerintah Pusat lewat Kementerian terkait telah meninjau TNB.

Intinya dengan keroyokan OD-SK secara bersama dengan pihak terkait, sehingga pengelolaan Bunaken menunjang sektor pariwisata agar lebih banyak wisman datang,”kuncinya.

(srikandipangemanan)