IKLAN

Waspada Bencana Banjir di Musim Hujan


Banjir di pusat Kota Bitung pada bulan Februari tahun 2014

Banjir di pusat Kota Bitung pada bulan Februari tahun 2014

BITUNG-Hujan yang mulai mengguyur Kota Bitung pada hari Sabtu (31/10), membuat masyarakat mulai merasa khawatir bakal terjadi bencana banjir,  sebab Bitung termasuk daerah rawan bencana banjir pasir dan tanah longsor.

“Kemarau panjang membuat tanah menjadi renggang, ketika hujan turun maka berakibat banjir, apalagi tanah di Kota Bitung berpasir, harus ada langkah kongkrit dari Pemkot untuk mengantisipasi hal ini, terutama didaerah yang menjadi langganan banjir,” kata Sonya Tooy (43) warga Manembo-nembo kepada manadoline.com, Sabtu (31/10).

Sementara itu, Walikota Bitung Hanny Sondakh, menghimbau seluruh masyarakat Kota Bitung tetap menjaga kebersihan dan tetap melestrarikan lingkungan guna menghindari bencana banjir air dan pasir disaat peralihan musim dari kemarau ke penghujan.

“Harus diperhatiakan saat peralihan musim ini atau panca roba  adalah perlu adanya antisipasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing,” ujar Sondakh, Minggu (1/11).

Khususnya SKPD terkait untuk segera mengambil langkah antisipasi seperti membersihkan selokan dari sampah  bahkan material pasir. Sampah dan material lainnya yang ada di selokan jika tidak dibersihkan akan menyebabkan banjir ketika musim hujan datang, hal inilah yang harus segera diantisipasi agar terhindar dari bencana banjir.

Ia juga menghimbau pasca kebakaran hutan, agar  SKPD terkait juga perlu melakukan penanaman pohon kembali di beberapa lokasi hutan cagar alam yang telah terbakar. (jones)