IKLAN

Wanita Nabire Pelaku Tranfficking Antar Daerah Ini Akhirnya Ditangkap Polda Sulut


received_975113519241263

Tersangka Mimi (34) yang memakai jeket abu-abu saat akan diperiksa penyidik di Polda Sulut. (foto eka/ml)

MANADO – Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulut kembali mengungkap kasus perdagangan manusia atau traficking yang kali ini beroperasi antar daerah. Salah satu pelaku bernama Mimi (34) warga Nabire Papua Barat ini ditangkap saat Kapal yang ia naiki, melakukan transit di Pelabuhan Bitung pada senin malam (18/1). Tim Ditkrimsus Polda Sulut yang telah mendapat informasi langsung menjemput tersangka di Bitung.

Dirkrimsus Polda Sulut Kombes Pol. Hilman membenarkan hal tersebut saat ditemui sejumlah wartawan pada selasa (19/1). “Mereka ditangkap di Pelabuhan Bitung. Kita telah mendapat informasi, lakukan penyelidikan, dan ternyata kita dapatkan alat bukti sehingga kita lakukan penangkapan terhadap tersangka” kata Hilman.

Pihaknya yang telah melakukan penyelidikan mengatakan bahwa para korban yang berjumlah 5 orang yang asalnya dari Jawa Barat dan Jakarta ini akan dipekerjakan di Nabire Papua Barat sebagai Pekerja Sex Komersil. “Mereka dijanjikan untuk bekerja disana tapi kita telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan bekerja sebagai sex komersil, Kita sudah lakukan pendalaman, unsur dalam perdagangan manusia sudah kami dapatkan ” tambah Hilman. Untuk para korban ada yang berasal dari Subang, Pamanukan, Indramayu dan Jakarta. Ditkrimsus juga menyita ktp, tiket perjalanan, dokumen penumpang.

Pelaku juga akan dikenakan pasal 2 Undang Undang No 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdangangan manusia. Ditkrimsus Polda Sulut akan menindak lanjuti kasus ini untuk melakukan proses penyidikan terhadap tersangka dan akan memulangkan kelima korban ke tempat asalnya. (ekaputra)