IKLAN

Walikota Minta Peran Aktif SKPD Dalam Merealisasikan Penyerapan Anggaran


Hanny Sondakh

Hanny Sondakh

BITUNG-Walikota Bitung Hanny Sondakh menginstruksikan kembali agar tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Bitung lebih berperan aktif dalam merealisasikan atau melakukan penyerapan anggaran  dengan baik di instansinya masing-masing.

“Tiap SKPD harus segera merealisasikan penyerapan anggaran mengingat sudah mendekati akhir tahun 2015,” kata Sondakh, Minggu (23/8).

Ia melanjutkan, instruksi ini merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia pada Pidato Kenegaraan pada tanggal 14 Agustus 2015 tentang percepatan penyerapan anggaran baik kementrian, lembaga pusat dan lembaga daerah, karena banyaknya lembaga yang masih rendah penyerapan anggarannya.

“Dengan dilakukannya penyerapan anggaran khususnya terlaksananya pembangunan infrastruktur daerah maka akan membantu pertumbuhan ekonomi diantaranya meningkatnya daya beli masyarakat,” jelasnya.

Menurut Sondakh bahwa pemerintah kota Bitung jauh sebelumnya sejak awal  tahun 2015 telah gencar melaksanakan penyerapan anggaran dengan baik, hal ini dibuktikan  bahwa Pemerintah Kota Bitung melalui Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) per 31 Juli 2015 mencapai 52,22 persen dengan defiasi plus 2,22 persen melampaui dari target sebesar 50 persen. (jones)