IKLAN

Wahid: Anggaran UC Terjadi SILPA, Pemerintah Harus Lakukan Evaluasi


Anggota DPRD Kota Manado, Abdul Wahid Ibrahim

Anggota DPRD Kota Manado, Abdul Wahid Ibrahim

MANADO- 22 Miliar anggaran pemerintah kota (Pemkot) Manado terhadap untuk menunjang program Universal Coverage (UC) yang di tata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2014, ternyata terjadi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) sebesar 12 miliar.

Akan hal tersebut, anggota DPRD Kota Manado Abdul Wahid Ibrahim mengatakan, bahwa Pemkot Manado perlu melakukan evaluasi terhadap program UC yang menjadi program unggulan ini.
“Hasil laporan dari Dinas Kesehatan Manado, total anggaran untuk UC yang ditata dalam APBD-Perubahan 2014 sebesar 22 miliar terjadi SILPA sebesar 12 miliar. Dengan, keadaan seperti ini Dinkes Manado perlu melakukan evaluasi terharap program ini,” kata Wahid.
Lebih lanjut menurutnya, program baik pemerintah ini sangat membantu warga Manado khususnya untuk keluarga-keluarga kurang mampu, sehingga program UC tidak bisa dihentikan.
Dirinya mengaku, hadirnya kemudahan jaminan kesehatan dari BPJS yang mulai menjangkau warga kurang mampu, menjadi tantangan bagi Dinkes Manado sehingga anggaran yang ditata dalam program ini bisa digunakan semua.
“Berkurannya warga menggunakan jaminan kesehatan UC apa-apa, tetapi ini dikarenakan munculnya program jaminan kesehatan yang sama dan mudah dari BPJS. Sehingga, saya harapkan Dinas terkait membuat terobosan baru terkait dengan program UC,” terang AWI sapaan akrab, politisi PAN ini.
Anggota Komisi D DPRD Kota Manado ini, juga menyarankan agar Dinas Kesehatan Manado untuk tidak tinggal diam, dan harus pro-aktif terkait penyerapan anggaran program UC. (christian)