IKLAN

Wagub Kritisi Deprov Sulut “Hanya Tidur”! Terkait Perda BUMD KEK


Wagub Steven Kandouw dan jajaran Pemprov saat rapat pembahasan KEK Bitung bersama

Wagub Steven Kandouw dan jajaran Pemprov saat rapat pembahasan KEK Bitung bersama pihak China Road and Bridge Corporation (CRBC) dibawah perusahaan China Communications Construction Company (CCCC), Selasa (30/8) (foto:Kandi/ML)

MANADO-Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menyebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi (Deprov) hanya tidur, tak ada progresif soal Peraturan Daerah (Perda) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga terhambat Special Economic Zone atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung.

“Siapa yang bilang KEK tidur, yang tidur itu Deprov. KEK bisa jalan kalan ada BUMD. DPRD pikir pembuatan BUMD untuk kepentingan pribadi Gubernur, ini salah sekali loh,”tegas Kandouw kepada wartawan di ruang WOC Kantor Gubernur saat selesai rapat dengan pihak China Road and Bridge Corporation (CRBC) dibawah perusahaan China Communications Construction Company (CCCC), diketahui telah lakukan MoU dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sejak Januari 2015 terkait KEK Bitung.

Kandouw menegaskan semua aturan pemerintah pusat, terkait KEK harus di running oleh BUMD, tidak boleh Pemprov.

“Bagaimana mau jalan, deal, kontrak sementara yang bawah proposal untuk kerja sama banyak sekali. Kita kasihan mau bicara apa tidak ada BUMD. Sudah 6 bulan kebih kita dilantik, sebelumnya telah diusulkan tetap tak ada progresif. Pola berpikir nya saya kritik Deprov,”beber Kandouw dengan serius.

Terpisah, Sekretaris Dewan KEK Sulut Ir Jenny Karouw MSi kepada Manadoline menambahkan untuk operasional harus ada BUMD. Bisa saja Pemprov kasih ijin UU didalam mengelola KEK itu, tapi harus menunjuk badan pengelola atau bisa saja privat sektor lainnya secara bisnis.

“Tapi kenapa harus BUMD yang kelola? supaya bisnis industri hadir para investor, jadi harus dikelola secara bisnis,”kunci Karouw juga sebagai Kadis Disperindag Sulut tersebut saat berada di lobi Mapalus Kantor Gunernur, Selasa (30/8).

(srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017