IKLAN

Urgensi, Dukungan Pemerintah Terhadap Pemberdayaan UKM


Anggota Komisi B DPRD Kota Manado, Arthur Rahasia

Anggota Komisi B DPRD Kota Manado, Arthur Rahasia

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado Arthur Rahasia, berpendapat pemerintah harus mendorong pelaku usaha kecil dan menengah menjadi wirausahawan yang dapat menyiapkan diri untuk sebuah keahlian dan keterampilan.

“Pemerintah harus menumbuh-kembangkan pelaku usaha menjadi wirausahawan yang benar-benar mandiri, sehingga dengan begitu pengangguran di daerah ini mengurang. Caranya adalah dengan melakukan penguatan modal bagi Koperasi-koperasi di Kota Manado,” kata Rahasia.

Dirinya mengakui bahwa pihak Komisi B DPRD Kota Manado, terus mengupayakan pemberdayaan masyarakat Manado dengan melakukan penguatan modal dalam rangka menumbuhkembangkan pelaku UKM. Peran pelaku UKM di daerah ini diyakini akan mampu memberi kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja, termasuk pertumbuhan ekonomi.

“Para pelaku usaha perlu di dorong melakukan pemberdayaan masyarakat. Caranya, pemerintah mensupport dengan modal kerja, sehingga dengan begitu akan memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Anggota Komisi B ini menjelaskan, bahwa minimnya anggaran koperasi yang tertata dalam APBD 2015 yang hanya bernilai Rp 1,2 miliar, tidak mencukupi upaya pengembangan termasuk penguatan modal bagi Koperasi, sehingga perlu diupayakan untuk penambahan anggaran. “Anggarannya memang kecil, sehingga tidak mencukupi upaya pemerintah memberikan penguatan modal bagi koperasi. Perlu didorong untuk penambahan anggaran,” kuncinya. (christian)