IKLAN

UPTD BDS dan SIK Dinkes Sulut Gelar Sosialisasi Kesehatan di Mitra


image

dr Rinny Tamuntuan

MITRA — Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) merupakan salah satu dari delapan kabupaten/kota, yang dipilih Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Data dan Surveilans (BDS) dan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, untuk dilakukan sosialisasi kesehatan, Senin (27/6).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala UPTD BDS dan SIK, dr Kartika Devi Tanos MARS mengungkapkan, Mitra merupakan kabupaten pertama digelarnya kegiatan sosialisasi tersebut.

“Karena Mitra punya hubungan baik terlebih khusus dalam bidang kesehatan,” ungkap Tanos yang juga merangkap Wakil Ketua TP-PKK Sulut.
Lanjut, Tanos mengimbau, jika terjadi permasalahan kesehatan dimasyarakat agar secepatnya melapor pada pihak terkait.

“Contoh jika terdapat kasus digigit anjing, kiranya masyarakat dapat segera melapor pada pihak terkait,” ujar Tanos yang juga sebagai Wakil Ketua TP-PKK Sulut.

Sementara itu, Kadis Dinkes Mitra dr Rinny Tamuntuan pada kesempatan yang sama, menyampaikan kendala di Mitra yang paling menonjol yaitu jaringan. “Karena kalau berbicara data pasti sangat berkaitan erat dengan jaringan telekomunikasi, baik telepon maupun internet harus optimal dan baik,” ujarnya saat membawakan sambutan.

Tamuntuan juga berharap, kiranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat memperhatikan hal tersebut. “Kiranya dukungan pemerintah baik pusat dan juga provinsi dalam memperlancar koordinasi, dengan memperhatikan jaringan telekomunikasi di Mitra.

Juga dengan pihak PT Telkom,” pungkasnya. Tampak hadir, Kabid BKOM Dinkes Sulut Phebe Watuseke, serta sejumlah rombongan Dinkes Sulut, sejumlah Camat, Kepala-Kepala Puskesmas. (fensen)