IKLAN

Terkait Kebijakan Penetapan Tarif, PT Air Manado Dinilai Sepihak

Umboh: Otniel Kojansouw Langkahi Kewenangan Walikota Manado Vicky Lumentut


Terkait Kebijakan Penetapan Tarif, PT Air Manado Dinilai Sepihak

Terry Umboh

Terry Umboh

MANADO – Kebijakan penetapan tarif air yang menjadi konsekwensi bagi para konsumen untuk membayar, dilakukan oleh PT Air Manado secara sepihak tanpa melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot), terhadap keputusan tersebut.

Terry Umboh, aktivis yang juga pengamat parlemen kota Manado, bahwa apa yang dilakukan pihak PT Air Manado, sama artinya telah melangkahi apa yang menjadi kewenangan Walikota Manado GS. Vicky Lumentut. “Ini jelas, Otniel telah melangkahi kewenangan Vicky Lumentut sebagai Walikota Manado. PT Air Manado perusahan yang sifatnya pelanyanan publik, jadi apapun yang menjadi kebijakannya harus mendapatkan persetujuan dari Walikota,” kata Umboh, kepada wartawan www.manadoline.com.

PT Air Manado, merupakan perusahan hasil kerjasama antara PDAM Manado dengan WMD Belanda, dan berdasarkan MoU disepakati kepemilikan saham adalah 49:51 persen. Baik PDAM Manado dan WMD Belanda, kedua-duanya memiliki hak dalam hal pengambilan keputusan.

“Pemkot Manado memiliki saham 49 persen. Jadi apapun keputusan yang dilakukan oleh PT Air Manado, pemkot harus dilibatkan. Otniel jangan beking keputusan sendiri. Penetapan tarif, harus dituangkan dalam sebuah surat keputusan Walikota, karena kebijakan penetapan tarif tersebut sasarannya adalah masyarakat Manado. Itu namanya, Otniel langkahi kewenangan Walikota,” terang Umboh.

Dia meminta pemkot Manado, khususnya Walikota segera mengambil sikap dengan sikap PT Air Manado yang se-enaknya saja membuat keputusan tanpa melibatkan pemkot. “Walikota adalah penguasa wilayah. Dan pemkot memiliki saham 49 persen, jadi pemkot memiliki hak terhadap apa yang ada dan yang dilakukan di perusahan tersebut,” ujarnya. (christian).

 

Manado Fiesta 2017