IKLAN

Tumiwa Sebut Pansus DPRD Sulut Lambat


MANADO-Beberapa waktu lalu telah diparipurnakan 16 Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda) untuk dibahas lanjut oleh DPRD Sulut. Mulai menimbulkan keraguan untuk dapat diselesaikan dalam jangka waktu 1 tahun.

Boy Tumiwa

Boy Tumiwa

Ini dibuktikan sudah bulan Juni belum ada satu Perda pun yang selesai di bahas. Ketua Badan Legislasi ( Baleg) Boy Tumiwa ketika dikonfirmasi ia pun tidak menapik jika sudah masuk bulan ke 6 di tahun 2016 belum ada 1 Perda pun yang selesai.

Namun ia tetap optimis jika 16 Ranperda ini bisa selesai  selama 1 tahun. ” Sudah ada sekira 4 ranperda sementara dibahas. Yaitu Ranperda Zonasi, BUMD, OPD,  Budaya dan Bahasa yang diperkasai Komisi IV sudah masuk ke Badan Legislasi.

Lanjut Tumiwa, masih minimnya ranperda ini selesai dibahas satu penyebabnya ada lambatnya kinerja Pansus. Tapi lambat disini kita harus juga cari tahu penyebabnya apa.

“Seharusnya ada limit waktu yang diberikan kepada Pansus. Namanya juga Panitia Khusus, jika pembahasannya menelan waktu cukup lama sama saja dengan pembahasan normal saja,” kata Tumiwa.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw  ketika dikonfirmasi, Rabu (8/6) ia juga sependapat dengan Ketua Baleg. Jika 16 ranperda itu bisa selesai selama 1 tahun.

” Jika semua sepakat, 1 minggu hingga 2 minggu selesai. DPR RI saja buat undang-undang 1 minggu selesai, apalagi DPRD cuma perda,” ungkap  Angouw. (mom)