IKLAN

Total ada 38 Kapal Ilegal Fishing di Seluruh Indonesia Diledakkan serentak


Pelaku ilegal fishing berasal dari Pilipina yang ditangkap oleh PSDKP Bitung beberapa waktu lalu

Pelaku ilegal fishing berasal dari Pilipina yang ditangkap oleh PSDKP Bitung beberapa waktu lalu

BITUNG-Dalam rangka peringatan HUT Proklamasi ke-70, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) lewat Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PPSDKP) diseluruh Indonesia, Selasa (18/8), kembali melakukan penenggelaman kapal pelaku illegal fishing.

Menurut Kepala Pangkalan PSDKP Kota Bitung Ipung Nugroho Saksono, untuk kali ini ada 38 kapal pelaku ilegal fishing yang dimusnahkan dengan cara diledakan. 38 kapal tersebut hasil tangkapan KKP berjumlah 21 kapal, TNI AL 12 kapal dan Polri 5 kapal.

“Kapal yang ditenggelamkan sudah melalui proses persidangan dan berdasarkan Undang Undang Nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan khususnya pasal 76a, dan di Kota Bitung penenggelaman kita lakukan di perairan Kema Kabupaten Minahasa Utara,” jelas Ipung.

Ia menambahkan,seluruh PSDKP di Indonesia melakukan pemusnahan kapal serentak yakni; Lokasi penenggelaman di Pontianak sebanyak 15 kapal, Kota Bitung 8 kapal, Belawan 3 kapal, Ranai 5 kapal, Tarempa 3 kapal dan Tarakan sebanyak 4 kapal.

“Hal ini juga dilakukan untuk memberi peringatan bagi pelaku ilegal fishing diwilayah perairan Indonesia, bahwa kami menyatakan perang terhadap pelaku ilegal fishing,” pungkasnya. (jones)