IKLAN

Tinjau Lokasi Longsor di Tombatu, Bupati Berlakukan Darurat Bencana Enam Hari


Bupati James Sumendap SH bersama rombongan saat mengunjungi lokasi bencana di Tombatu, Senin (12/6/2017).

TOMBATU — Longsor yang terjadi di Kecamatan Tombatu tepatnya di Desa Kali mendapat perhatian dari Bupati James Sumendap SH. Bersama jajaran terkait Bupati meninjau langsung lokasi longsor tersebut, Senin (12/6/2017).
Melihat kondisi dilapangan, bupati memutuskan untuk memberlakukan darurat bencana selama enam hari didaerah tersebut, juga memerintahkan untuk membuat tenda serta membuka posko kesehatan, dan menyiagakan alat berat serta keperluan penanganan bencana.
“Akan diberlakukan darurat bencana didaerah ini, dan saya sudah perintahkan agar membuat posko kesehatan untuk menangani masyarakat yang membutuhkan posko tersebut,” kata Sumendap.
Saat meninjau lokasi longsor, bupati dan rombongan juga meninjau daerah aliran sungai sampai di Kecamatan Touluaan sekaligus memantau debit air sungai, serta persawahan yang terdampak banjir, terlebih khusus rumah warga yang terdampak longsor.

Bupati James Sumendap SH, melihat air luapan sungai di Desa Touluaan.

Diketahui longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur daerah tersebut, Minggu (11/6/2017).
Seperti yang dijelaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Drs Fery H T Uway MM, hujan mengguyur daerah tersebut mulai pukul 14.30 hingga 17.30 Wita.
“Memang hujan sangat deras dan kejadian tanah longsor berlangsung selama hujan masih mengguyur. Dimana sebagian akses jalan dan jembatan juga terputus akibat longsor. Kira-kira 22 rumah warga terkena timbunan material tanah longsor,” terangnya.
Sesuai data Uway mengatakan desa dan rumah yang yang terkena longsor yakni, Desa Kali Oki 6 titik longsor dan menimpa 12 rumah, Desa Kali 5 Titik longsor dan menimpa 5 Rumah, Desa Betelen 2 titik longsor dan menimpa 2 rumah Dan Desa Tombatu 1 titik longsor menimpa 1 rumah.
“Tidak ada korban jiwa saat kejadian tersebut,” ujar Uway.
Dia pun mengimbau masyarakat untuk terus waspada saat intensitas hujan mulai meningkat. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017