IKLAN

Tiga Terdakwa Korupsi di KP3 Kotamobagu ini, Resmi Terpidana


Ilustrasi Mobil Tahanan

Ilustrasi Mobil Tahanan

MANADO— Terdakwa Norsscha Marcell Wuisang, Tamrin Mokoginta dan Samsi Manangin yang terkait kasus korupsi pengadaan fisik bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KP3) Kotamobagu, menjalani sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado.

Norsscha dan Samsi sendiri dalam sidang putusan yang di ketuai Majelis Hakim Verra Linda Lihawa SH MH, dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mustari SH, menyatakan bersalah dan harus menjalani hukuman 4 tahun penjara, serta diwajibkan membayar denda Rp200 juta. Sementara, terdakwa Tamrin diputus 1,6 tahun dengan denda Rp50 juta.

Diketahui, ketiga terdakwa terbukti bersalah karena, telah menandatangani berita acara pemeriksaan kemajuan pekerjaan, serta laporan kemajuan pelaksanaan pekerjaan pembangunan KPP Pratama Kotamobagu tahun anggaran 2008, oleh PT Sumber Utama yang tidak sesuai dengan fisik pekerjaan.

Sebagaimana laporan yang dibuat PT Elsadai Consultant, selaku konsultan pengawas pembangunan, tercantum deviasi keterlambatan pekerjaan, sehingga Jessy Suzanna Korah memperoleh pencairan dana 100 persen atau sebesar Rp8,6 miliar lebih. Nah..berdasarkan laporan hasil audit tahun anggaran 2008, ditemukan kerugian keuangan negara sebesar Rp5 miliar lebih.

Berdasarkan keterangan para saksi dipersidangan, fisik bangunan baru selesai 19 persen dan menurut laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk semester I tahun 2010, realisasi pembayaran pembangunan KPP Pratama Kotamobagu tidak sesuai dengan prestasi fisiknya, sehingga terdapat kelebihan pembayaran senilai Rp2,98 miliar. (alen)