IKLAN

Tiga Hari DPRD Manado Kunker ke Depok dan Tangsel


Komisi D DPRD Kota Manado

Komisi D DPRD Kota Manado

MANADO – Selama tiga hari sejak Senin (18/07) sampai Rabu (20/07) hari ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di daerah Depok dan Tangerang Selatan (Tangsel). Tujuan dilaksanakannya Kunker tersebut menurut Ketua DPRD Kota Manado, Nortje Vanbone adalah untuk melakukan perbandingan hasil pelaksanaan pertanggungjawaban anggaran yang digelar beberapa waktu lalu.

Penyerahan Cendera Mata

Penyerahan Cendera Mata

“Tujuan kami melaksanakan kunker di daerah depok dan tangsel, adalah untuk melakukan perbandingan, tentang pelaksanaan pertanggungjawaban anggaran 2015, di daerah yang sudah melaksanakannya,” kata Nortje.

Lanjut dia menuturkan, Kunker ke Depok dilakukan oleh gabungan komisi A dan B, sedangkan ke Tangsel oleh Komisi C dan D, dimana nantinya, hasilnya akan dijadikan sebagai masukan untuk menyelesaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2015, oleh pemerintah dan DPRD.

“Diharapkan semua jadwal bisa diselesaikan tepat waktu, karena pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2015 punya pengaruh penting dalam perubahan anggaran nanti,” katanya.

Berfoto bersama usai kunjungan kerja

Berfoto bersama usai kunjungan kerja

Sementara itu, Ketua Komisi D Apriano Saerang yang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Tangerang Selatan menuturkan, keberangkatan Komisi D itu, dimaksudkan untuk mengkomparasikan regulasi penggunaan anggaran Pendidikan dan Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Kota Manado. Itu dilakukan Komisi D, sesudah melakukan pembahasan Perhitungan Anggaran tahun 2015 ditingkatan Komisi. ”Kunker yang kami lakukan adalah untuk mengkomparasikan penggunaan anggaran Pendidikan dan Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan Kota Manado,” ujarnya.

Dia menambahkan, daerah Tangsel sudah selesai melakukan pembahasan Perhitungan Anggaran (PA) APBD tahun 2015. Jadi menurutnya, DPRD sebagai pemegang hak budgeting, sebagaimana diatur dalam undang-undang, tidak akan berhenti untuk terus mempelajari sistem penganggaran hingga pada penyempurnaan anggaran. “Manfaat Kunker sangat penting, karena ada hal-hal yang perlu kami tambahan dalam setiap pembahasan anggaran. Selain perhitungan anggaran 2015, kita akan membahas APBD-Perubahan nanti,” kata Ade ketika menghubungi MANADOLINE.(***)