IKLAN

Terlanjur Diproses Bahkan Pernah Ditahan Penyidik

Tidak Terbukti, Polda SP3 Kasus Notaris Kondang Sulut


Terlanjur Diproses Bahkan Pernah Ditahan Penyidik

Stientje Ambat

Stientje Ambat

MANADO—Dugaan kasus penggelapan 6 sertifikat tanah dituduhkan kepada notaris kondang Manado, Stientje Ambat yang sempat menggegerkan Kota Manado beberapa waktu lalu karena ada kejanggalan penyidikan dilakukan Polda Sulut, akhirnya terungkap.
Buktinya, kini Polda Sulut menerbitkan Surat Pemberitahuan Pemberhentian Penyidikan (S3). SP3 tertanggal 11 Februari dengan nomor: S.Tap/1-a/II/2015Dit Reskrimum ditandatangani AKBP Joudy Kalalo atas nama Lakhar (Pelaksana Harian) Direktur Reskrim Umum Polda Sulut.

Penetapan SP3 oleh Polda Sulut terhadap Notaris kondang Kota Manado kelahiran 3 Februari 1954 ini berdasarkan hasil gelar perkara tanggal 11 Februari 2015 pukul 08.00 Wita di ruangan kerja Kapolda Sulut. Berdasarkan hasil perkara, penyidik menyepakati laporan yang dituduhkan Hanny Sondakh Walla kepada Ambat tidak terbukti dan pihak penyidik Polda Sulut juga secara resmi memberitahukan kepada Kejati Sulut dan pihak-pihak terkait, kasus tersebut untuk dihentikan.

Sekadar diketahui, akhir tahun lalu, penyidik Polda Sulut bersikeras Ambat bersalah dalam kasus ini. Bahkan mantan anggota DPRD Manado dari PDI Perjuangan ini pernah ditahan oleh penyidik. “Saya sempat pingsan tiga kali ketika mendengar akan ditahan. Masalahnya, saya tidak bersalah kok dituduhkan gelapkan setifitak. Padahal enam setifikat itu hanya dititipkan ketika transaksi jual beli tanah,’’ jelas Ambat kepada wartawan.

Ambat sendiri heran, tiba-tiba transaksi jual beli tanah itu batal dan dirinya dilaporkan ke polisi dengan tuduhan penggelapan. “Sertifikatnya ada kok, masa saya mau gelapkan. Dan itu saya serahkan ke penyidik ketika di Polda. Bukan main malunya. Tapi sudahlah itu lalu. Sekarang saya bersyukur. Semua jelas dan sudah terungkap dengan keluarnya surat SP3 dari Polda. Dengan begitu, kalau dalam kasus ini saya tidak bersalah,’’ kata Ambat seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Sulut. (anto reppy)

 

Manado Fiesta 2017