IKLAN

Thailand Tertarik Potensi Sulut, Begini Olly Terima Dubes


 

 

SENYUM AKRAB: Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw saat menerima kunjungan Dubes Thailand Mr Pitchayaphant Charnbhumidol di ruang kerja Kantor Gubernur, Selasa (14/11/2017) (foto:Ist)

MANADO– Thailand melirik potensi Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini terbukti saat Pemerintah Provinsi (Pemprov) mendapat kunjungan kehormatan dari Duta Besar (Dubes) untuk Indonesia.

Pertemuan Dubes Thailand untuk Indonesia Mr Pitchayaphant Charnbhumidol berlangsung di Kantor Gubernur Sulut Selasa (14/11/2027) siang tadi, diterima langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bersama Wagub Steven Kandouw.

Kerjasama tersebut diantaranya di bidang pariwisata, kedua Mr Pitchayaphant Charnbhumidol

tertarik mengembangkan teknologi pertanian, serta perikanan dan peternakan.

Thailand butuh suplay ikan yang banyak ke negaranya, mereka juga menawarkan membuat perusahaan ikan di Bitung ikan kaleng dan lain-lain.

“Iklim cuaca di Sulut sama dengan Thailand jadi untuk pertanian sangat cocok dan tahun depan mereka tertarik ingin bangun peternakan babi yang besar untuk diekspor,”kata Mr Pitchayaphant saat pertemuan hangat tersebut di ruang kerja gubernur sembari meminta Gubernur Olly untuk berkunjung ke Negeri Gajah Putih.

Khusus perikanan, Dubes harapkan Sulut suplay ikan ke Thailand. Duta Besar Thailand juga meminta Gubernur untuk memfasilitasi pertemuan Menteri Susi dan Menteri Perikanan Thailand.

Sementara Gubernur Olly sangat merespon niat baik dari Duta besar Thailand untuk pertanian.

Gubernur mengarahkan agar ditanam buah-buah didaerah tropis dan sayur -sayuran untuk diekspor.

“Untuk pertanian kami tawarkan tanaman jenis jagung untuk bangun Silo dengan drayer yang bagus agar jagungnya tidak cepat rusak,”tandas Olly.

(srikandi)