IKLAN

Tetap Pilkada Langsung, Perjuangan GSVL Pimpin Demo di Pusat Sukses


Ketua Umum Apeksi GS VIcky Lumentut juga Wali Kota Manado saat pimpin demo seluruh Kepala Daerah se Indonesia di Bundaran HI Jakarta Pusat menolak Pilkada melalui DPRD

Ketua Umum Apeksi GS VIcky Lumentut juga Wali Kota Manado saat pimpin demo seluruh Kepala Daerah se Indonesia di Bundaran HI Jakarta Pusat menolak Pilkada melalui DPRD

MANADO—DPR RI menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) No 1 tahun 2014 tentang Pilkada dan Perppu No 2 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menjadi undang-undang melalui rapat paripurna di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa (20/1) siang tasi. Perppu Pilkada ini pun akan segera direvisi agar lebih sempurna pada saat diimplementasikan. Dengan begitu, pemilihan kepala daerah (Pilkada) tetap akan dipilih langsung oleh rakyat.
Keputusan DPR RI ini tidak lepas dari andil seluruh Wali Kota se Indonesia yang beberapa waktu lalu mengelar demo dipimpin Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut sebagai Ketua Umum Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia). Aksi demo seluruh kepala daerah di Bundaran HI Jakarta Pusat itu menolak mekanisme pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui DPRD.
“Jangan heran jika nantinya bupati dan wali kota tidak optimal bekerja membangun daerah,” kata Lumentut ketika itu.
Sekadar diketahui, dalam rapat kerja Komisi II DPR dengan Kementerian Dalam Negeri, seluruh fraksi di DPR menyetujui Perppu Pilkada yang dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk dijadikan UU Pilkada.
“Puji Tuhan. Karena kedaulatan di tangan rakyat untuk memilih pemimpinnya, akhir Perppu itu disetujui oleh DPR Rl,’’ terang Vicky Lumentut usai mendengar hasil keputusan rapat paripurna DPR RI sore tadi. Selaku Ketua Apeksi, kata Lumentut, sejak awal bersama para wali kota se Indonensia berjuang dan terus mengikuti proses pembuatan Undang Undang terkait Pilkada agar rakyat tetap diberi hak utk memilih pemimpinnya. “Tentunya dengan hasil rapat paripurna itu saya sangat berterima kasih kepada DPR Rl yang telah mendengar aspirasi rakyat. Selamat utk rakyat dan jayalah lndonesia” pungkas Lumentut. Sekadar diketahui, meskipun Perppu itu telah disetujui seluruh Fraksi di DPR RI, namun beberapa fraksi masih menekankan beberapa revisi pada Perppu Pilkada setelah Perppu ini diundangkan. (anto reppy)