IKLAN

Tersenyum Tanggapi Polemik Pergantian Pala, Ini Penjelasan Wali Kota GSVL…


Wali Kota Manado Vicky Lumentut memberikan bimbingan kepada ratusan Kepala Lingkungan yang akan ikut seleksi belum lama ini

Wali Kota Manado Vicky Lumentut memberikan bimbingan kepada ratusan Kepala Lingkungan yang akan ikut seleksi belum lama ini

MANADO—Pergantian 504 Kepala Lingkungan (Pala) se Kota Manado melalui lelang jabatan baru saja berlangsung. Selasa (6/1) kemarin, ratusan Pala tersebut telah dilantik di masing-masing kecamatan setelah melalui tahap seleksi oleh tim independen bentukan Pemkot Manado.
Meski kebijakan Pemkot Manado itu notabene ada payung hukumnya melalui Perwako nomor 18 tahun 2007 tentang tata cara pengangkatan kepala lingkungan. Namun tidak sedikit yang memprotes. Yang paling santer dikait-kaitkan dengan kepentingan politik Pilwako 2015 tahun ini.
Bagaimana reaksi Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut menanggapi polemic pergantian Pala tersebut? “Wajar kalau ada yang menduga demikian karena tahun ini adalah tahun politik,’’ kata GSVL, sapaan akrab Wali Kota.
Tak heran menurutnya, semua yang dibuat pemerintah dianggap untuk kepentingan politik. “Tapi biarlah, bebas masyarakat menilai. Sebelum dilakukan lelang jabatan, ada juga masyarakat menduga pergantian Pala ada kepentingan politik. Yang penting kita Pemkot Manado sudah melakukan yang terbaik,’’ ujar GSVL tersenyum menanggapi santai polemic pergantian Pala.
Menurut Opa dari Livesia Blessing Rondo ini, pemberlakuan lelang jabatan terhadap Pala bukan tidak beralasan. Itu dilakukan pemerintah karena banyak masyarakat mengeluh soal SDM dan kinerja Pala selama ini. “Jadi kami lakukan ini memberikan yang terbaik kepada masyarakat,’’ katanya.
Tapi dengan catatan, 504 Pala yang terpilih melalui lelang jabatan ini akan dievaluasi. “Mereka bertugas mulai Januari sampai Desember 2015. Tapi setiap saat akan dievaluasi kinerjanya,’’ tegas GSVL sembari menambahkan, upah untuk Pala belum berubah. “Masih seperti dulu. Rp2.250.000 per bulan,’’ pungas suami tercinta Julyeta Paula Lumentut-Runtuwene ini. (anre)