IKLAN

Terkuak…!!! 4 Pimdeprov Sulut Diduga Terima Setengah Miliar Per Bulan


MANADO-Kinerja Sekretariat DPRD Sulut, khususnya Sekertaris Dewan Bartolomeus Mononutu SH terus mendapat sorotan dari masyarakat.

Namun sangat disayangkan 4 pimpinan DPRD Sulut, sampai sekarang ini tidak melakukan teguran kepada Sekwan.

Empat pimpinan DPRD Sulut

Empat pimpinan DPRD Sulut

Setelah dilakukan investigasi selama beberapa pekan ini, ternyata pimpinan dewan enggan melakukan teguran.

Karena diduga pimpinan dewan telah mendapat fasilitas yang cukup memuaskan dari Sekretariat Dewan. Seperti fasilitas rumah jabatan senilai Rp 2 Miliar ditambah mobil Dinas Camry dan Alpahrd.

Data yang dihimpun juga, pimpinan DPRD disiapkan anggaran sekira Rp 528.800.000 setiap bulannya untuk  menjalankan tugas dinas di luar daerah (Jakarta).

Sumber-sumber resmi di DPRD Sulut menjelaskan,  Sekretariat DPRD menyiapkan anggaran masing-masing pimpinan DPRD, Andrei Angouw, Vreeke Runtu, Marten Manopo, Wenny Lumentut dengan dana Rp 33.050.000 untuk perjalanan dinas di Jakarta.

“Jika dihitung  kalau empat pimpinan dewan berarti ada sekitar Rp 132.200.000. Kalau empat pimpinan dewan berangkat empat kali dalam sebulan artinya dana yang disiapkan Rp 528.800.000,” aku sumber.

Masih menurut sumber,  biaya terbesar untuk perjalanan dinas bagi pimpinan dewan adalah biaya hotel yang mencapai Rp 8,7 Juta permalam.

“Yang pasti Sekretariat DPRD hanya biayai untuk dua malam saja. Jadi total biaya hotel Rp. 17,4 Juta. Kemudian untuk tiket pesawat pimpinan dewan di kelas bisnis. Maksimal biaya tiket Rp 10 juta,”tambahnya.

Sementara itu, ketika wartawan melakukan konfirmasi kepada Kabag Keuangan Sekretariat DPRD, Chesfi Pangau.

Pangau menjelaskan,  selama ini pimpinan dewan tidak menggunakan uang hotel Rp 8,7 Juta per malam.

“Pimpinan dewan hanya mengambil  30 persen. Jadi aturannya kalau tidak gunakan uang hotel hanya bisa ambil 30 persen,” ungkap Pangau. (mom)