IKLAN

Terkait Teror Bom, Kapolda Sulut : Masyarakat Tetap Tenang Jangan Takut


Manado, Sulut, Kapolda Sulut, Wilmar Marpaung, tembak ditempat, kejahatan, apel mapolda

Kapolda Sulut Brigje Pol. Wilmar Marpaung. (foto ist)

MANADO – Terkait teror bom yang terjadi di Gedung Sarinah, Jalan MH. Thamrin Jakarta pada kamis (14/1). Kapolda Sulut Brigjen Pol. Wilmar Marpaung yang ditemui sejumlah wartawan di Mapolda Sulut pada Kamis (14/1) mengatakan situasi di Sulawesi Utara masih aman dan terkendali. “Situasi keamanan di wilayah polda sulut ini pasca kejadian peledakan bom di sarinah jakarta dan penembakan sampai dengan saat ini situasi sulut masih aman terkendali dan kondusif.” kata Marpaung. Beliau juga menambahkan, mudah-mudahan kedepan hal ini bisa kita usahakan dengan peningkatan kewaspadaan khususnya aparat kepolisian dan teman-teman dari aparat keamanan lainya khususnya TNI dan Masyarakat kita harapkan waspada tidak menutup kemungkinan kejadian yang ada disana akan terjadi di Sulut ini.

Marpaung juga menghimbau kepada masyarakat jangan takut, tetap tenang tapi harus waspada terhadap pelaku teror. “Disamping masyarakat harus waspada, juga tetap tenang tidak perlu menjadi takut terhadap para pelaku teror ini karena kalau justru masyarakat takut tujuan mereka itu jadi. supaya kita tidak perlu takut tapi tetap waspada” ujar Marpaung. Kemudian beliau juga menghimbau kepada aparat Desa dan Kelurahan bisa mengantisipasi pendatang baru di Sulut. “Saya juga menghimbau agar masyarakat khususnya aparat aparat di desa kelurahan ini bisa mengantisipasi para pendatang pentang yang datang dari luar untuk didata identitasnya kemudian ditanyai apa tujuanya datang ke sulut ini, kalau memang identitasnya tidak jelas tujuanya juga tidak jelas sebaiknya kita kembalikan kedaerah asalnya supaya tidak menggangu keamanan di sulut ini” himbau Marpaung.

tambahnya kepada pengusaha-pengusaha tempat hiburan pusat perbelanjaan supaya meningkatkan kewaspadaannya. “Agar lebih selektif mengawasi para pengunjung yang datang supaya dipasang cctv kemudian metal detector demikian juga kendaraan kendaraan yang datang juga harus diperiksa” ujar Marpaung.

Pihaknya juga turut prihatin terhadap korban bom yang terjadi di Jakarta tersebut. “Kami juga sangat prihatin dengan adanya kasus bom maupun penembakan itu dan kita mengutuk keras para pelaku tersebut. Kalau menurut analisa saya, dilihat dari cara mereka melakukan tindakan tersebut itu sudah bisa dipastikan para pelaku teror beberapa kejadian mirip seperti itu baik yang ada diluar negeri maupun di Indonesia. Harapan kita juga masyarakat jangan terpengaruh atau terprovokasi dari para pelaku teror ini. Jangan terpengaruh, apalagi jadi terlibat atau pelaku teror kerana apa yang dilakukan mereka tidak diridhohi oleh semua agama manapun menolak cara-cara kekerasan, tapi semuanya dengan cinta kasih” tutup Marpaung. (ekaputra)

 

Manado Fiesta 2017