IKLAN

Terkait Reaksi Panas Siswa-siswi SMKN 4 Manado, Diknas Turun Tangan


DIKNAS: Sekretaris  Drs.Dahlan Walangitan,MPd (kanan), Kabid Dikmen Boyke Robot (tengah) dan Pengawas SMK Isone Watung (kiri) saat memimnta kejelasan dari siswa dan para guru di ruang guru, Kamis (30/7) (foto:kandi/manadoline)

DIKNAS: Sekretaris Drs.Dahlan Walangitan,MPd (kanan), Kabid Dikmen Boyke Robot (tengah) dan Pengawas SMK Isone Watung (kiri) saat meminta kejelasan dari siswa dan para guru SMKN 4 Manado, Kamis (30/7) (foto:kandi/manadoline)

MANADO-Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Manado langsung turun tangan terkait reaksi siswa-siswi SMKN 4 Manado, Kamis pagi (30/7). Kepala Dinas Corry Tendean diwakili Sekretaris Drs Dahlan Walangitan, MPd, dan Pengawas SMK Isone Watung sebagai penengah dari dua kubu tersebut.

Sekretaris Diknas Manado Drs Dahlan Walangitan, MPd mendengarkan langsung keluhan siswa disaksikan beberapa guru SMKN 4 Manado.

“Siswa-siswi ini adalah generasi emas, terkait keluhan salah satu siswa mengenai program Adiwiyata itu menjadi fokus perilaku dari stakeholder di lingkungan SMAN 4,”tutur Walangitan.

“Program tersebut mulai dari cleaning service sampai kepala sekolah termasuk sebagai komponen satu kesatuan harus terlibat dalam program Adiwiyata, program itu jangan sampai ditinggalkan,”tambahnya.

Ada baiknya-guru-guru harus duduk bersama, selesaikan dengan baik-baik karena apa yang dibuat harus dipertanggungjawabkan. Reaksi siswa tadi, dalam posisi Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) justru kematangan berpikir lebih terkontrol tapi disesalkan terjadi hal tidak diinginkan (Demo-red),”ungkap walangitan.

Tambah dia, butuh proses, guru dan siswa bersabar. Bisa satu atau dua bulan penyelesaian ini agar berjalan lancar kedepan, Diknas akan buat kajian, kewenangan Kepala Sekolah untuk diganti bukan kewenangan kami, dan itu harus dipilih oleh dewan guru.

“Kami harap masalah internal sekolah ini bisa berakhir, masing-masing harus miliki kerendahan hati jangan panas. Tentu kita tidak mau sekolah ini sebagai masa depan siswa dirusak oleh struktur kepemimpinan sekolah itu sendiri,”Kunci Walangitan, saat hampir selesai rapat damai Kamis (30/7) sekira pukul 15.00 Wita dengan Kepala Sekolah Dra Jeanne Sanger dan guru SMKN 4 Manado. (srikandipangemanan)