IKLAN

Terkait Masalah Lahan KEK, Tim Ombudsman RI Kunjungi Bitung


Tim Ombudsman saat mengunjungi  Bitung

Tim Ombudsman saat mengunjungi Bitung

BITUNG-Bertempat di Ruang Kerjanya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Bitung Fabian Kaloh, SIP, M.Si bersama Kadis Tata Ruang Kota Bitung Stephen Tuwaidan, Lurah dan pejabat terkait lahan KEK, menerima kunjungan dari Tim Ombudsman Republik Indonesia.

Kehadiran tim Ombudsman RI yang berjumlah enam orang dipimpin oleh Dominikus Dalu, SH, dalam rangka melengkapi proses pemeriksaan dan klarifikasi permasalahan lahan KEK seluas 92,96 hektar yang didiami oleh masyarakat yang menamakan diri masyarakat adat Masata.

 

Kaloh menjelaskan  bahwa lahan yang diperuntukan untuk KEK dengan luas 92,96 hektar yang didiami oleh masyarakat setempat merupakan tanah negara eks HGU nomor 2 /Tanjung Merah dengan gambar situasi No. 12/1968 tanggal 26 September 1968 (dahulunya Eks HGU No. 1 Tanjung merah yang telah diperpanjang hak guna usahanya) yang sertifikatnya diterbitkan tanggal 21 Oktober 1980 terdaftar terakhir atas nama PT. Ranomut berkedudukan di Manado, dan yang telah berakhir jangka waktu haknya terhitung sejak 31 Desember 2001.

 

“Jadi Status tanah ini secara otomatis menjadi  tanah yang langsung dikuasai oleh negara berdasarkan ketentuan Pasal 24 UUPA jo Pasal 17 Peraturan Pemerintah No. 40 Tahun 1996 status tanah HGU yang telah berakhir jangka waktunya menjadi Tanah Negara. Pemkot Bitung, melakukan cara persuasif sesuai dengan peraturan yang berlaku, tanpa menggunakan kontak fisik dengan masyarakat yang tinggal di lahan tersebut,” jelas Kaloh, Kamis (18/6).

 

Ia menambahkan, mendengar penjelasan tersebut, pihak Ombudsman RI akan bersikap netral, serta menghimbau untuk segera menyelesaikan masalah ini sehingga dalam pembangunan KEK sebagai pengembangan ekonomi bagian timur kedepannya tidak terjadi masalah.

“Pihak Ombudsman RI juga meminta dokumen yang lengkap tentang pemilikan lahan tersebut sehingga ketika terjadi pengaduan bisa secepatnya disikapi,” tuturnya. (jones)