IKLAN

Terkait Laporan E2L-DB, Bawaslu ‘Kuliti’ Komisioner KPU Sulut 3 Jam


PEMERIKSAAN: Komisioner KPU Sulut usai dimintai klarifikasi oleh Bawaslu Provinsi

PEMERIKSAAN: Komisioner KPU Sulut usai dimintai klarifikasi oleh Bawaslu Provinsi

MANADO–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara langsung menindaklanjuti laporan  Elly E Lasut bersama tim pemenangan. Ini dibuktikan, Rabu (26/8) Bawaslu yang dipimpin  langsung oleh Ketua Herwyn Malonda telah melakukan pemeriksaan terhadap tim komisioner KPU Sulut.

Dari pantauan manadoline.com, Bawaslu melakukan pemeriksaan secara tertutup terhadap 4 Komisoner KPU masing-masing Ketua KPU Yessi Momongan,  Ardiles Mewoh, Vivi George dan Sukifli sementara Fahrudin berhalangan hadir.

Komisioner KPU Sulut saat keluar ruangan di kantor Bawaslu Provinsi Sulut

Komisioner KPU Sulut saat keluar ruangan di kantor Bawaslu Provinsi Sulut

Empat komisoner KPU Sulut dikuliti Bawaslu sekira 3 jam mulai pukul 15.00 Wita sampai 18.00 Wita. Usai melakukan pemeriksaan, Malonda yang sempat dikonfirmasi wartawan menjelaskan jika secara subtansi mereka tidak bisa menjelaskan hasil klarifikasi Bawaslu terkait laporan Elly Lasut bersama timnya.

” Sesuai kode etik bawaslu tidak bisa mempublikasikan hasil pemeriksan. Tapi intinya kami sudah melakukan klarifikasi ke teman-teman KPU terkait laporan dari Elly Lasut. Kami akan melakukan pemeriksaan sekira lima hari, bisa saja kami akan melakukan pemenggilan kembali pelapor dan terlapor,” jelas Malonda. Sambil mengakui bahwa bawaslu akan meneliti apakah ada indikasi pelanggaran atau tidak. Misalnya pelanggaran kode etik, administrasi atau sengketa pemilu.

Sementara itu, usai klarifikasi dari Bawaslu, Yessi Momongan yang sempat di konfirmasi ia membenarkannya. “Kami memenuhi panggilan Bawaslu terkait keputusan dalam penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan pasangan Elly Lasut- David Bobihue yang di TMS kan KPU Sulut,” papar Momongan. (mom)