Terkait Kepemilikan KIA, Disdukcapil Mitra Peringkat 14 Nasional

David Lalandos AP MM

RATAHAN — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) boleh berbangga dengan hasil peringkat 14 nasional kabupaten/kota, dalam capaian kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Mitra dengan persentasi 92,4 persen.

David Lalandos AP MM
David Lalandos AP MM

Karena dengan peringkat tersebut menurut Kepala Disdukcapil Mitra David Lalandos AP MM, Tahun 2017 ini akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan program penerbitan KIA.

“Dengan peringkat tersebut, berarti di Tahun 2017 ini pemerintah pusat akan memberikan bantuan kepada kami, untuk melaksanakan program penerbitan KIA,” ujar Lalandos, Rabu (11/1).

Menurutnya, pemerintah pusat hanya akan memberikan bantuan kepada kabupaten/kota yang masuk dalam 50 besar, untuk capaian kepemilikan KIA di Mitra.

“Yang tidak masuk 50 besar akan menjalankan program kepemilikan KIA, namun semua biaya akan ditanggung sendiri,” katanya.

Lalandos membeberkan, anggaran pelaksanaan penerbitan KIA bisa mencapai minimal Rp1 miliar, namun dengan adanya bantuan nantinya semua akan ditanggung pemerintah pusat.

“Kalau kami sendiri yang tanggung biayanya bisa mencapai minimal satu miliar, tapi bersyukur dengan peringkat saat ini semua anggaran pemerintah pusat yang akan menanggungnya,” terang Lalandos.

Dengan capaian tersebut Lalandos berterima kasih karena ada partisipasi masyarakat yang mau bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini Disdukcapil.

“Saya sangat bersyukur dengan kerja keras semua pihak dan dorongan dari pak Bupati James Sumendap, bisa berada di 50 besar,” tutup Lalandos. (fensen)