IKLAN

Terancam Dipecat, Bawaslu Sulut ‘Take Over’ Panwas Manado


Vivi George

Vivi George

MANADO-Pertarungan Jimmy Rimba Rogi berpasangan dengan Boby Daud di Pilwako Manado, ternyata belum berjalan mulus.

Pasalnya, posisi Imba terancam dianulir oleh KPU  karena tidak memenuhi syarat pencalonan. Menyusul kasus bebas bersyarat yang masih ia jalani.

Ini dibuktikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalam rapat bersama KPU RI, Senin (26/10) malam kemarin telah memutuskan pengambil-alihan (take over) kasus calon kepala daerah bermasalah karena soal status hukum, termasuk kasus Imba.

Dalam koran Nasional Kompas, Rabu (28/10)  menuturkan bahwa dalam rapat lanjutan Bawaslu RI dan KPU RI, Rabu (28/10), telah menyepakati soal mekanisme pembatalan calon bermasalah.

Bahkan Selain menyepakati mekanisme pembatalan calon bermasalah, Bawaslu Ri  juga mengambil alih penanganan kasus calon bermasalah di Manado Sulut dan Bovembigul Papua.

“Untuk kasus Manado kami telah memerintahkan Bawaslu Sulut untuk memberhentikan sementara Panwaslu Manado, hingga ada putusan DKPP,” ujar Nelson Simanjuntak salah satu Komisioner Bawaslu RI.

Namun sangat disayangkan terkait rekomendasi Bawaslu RI, Komisioner Bawaslu Sulut, Herywin Malonda dan Johni Suak ketika hendak dikonfirmasi lewat ponsel sedang tidak aktif.

Sementara Vivi George Komisioner KPU Sulut ketika dikonfirmasi, ia mengakui bahwa hasil rapat KPU RI dan Bawaslu RI telah ia baca lewat media online.

Namun KPU Sulut belum bisa mengambil langka, karena belum ada surat edaran dari KPU RI. ” Kalau pun ada surat edaran dari KPU RI terkait kasus di Manado, maka kami akan segera menindaklanjutinya,” jelas George ketika dikonfirmasi. (mom)

 

Manado Fiesta 2017