IKLAN

Tateli Raya Butuh Lahan Pekuburan


MANADO– Wakil Ketua Dewan DPRD Sulut,  Stevanus Vreeke Runtu (SVR) mengadakan reses triwulan II di Desa Tateli III Kecamatan Mandolang, Jumat (18/8) malam.

Stevanus Vreeke Runtu saat mengadakan reses di Desa Tateli III Kecamatan Mandolang

Stevanus Vreeke Runtu saat mengadakan reses di Desa Tateli III Kecamatan Mandolang

Sebagai wakil rayat di DPRD Sulut dapil Minahasa-Tomohon, SVR mengaku baru pertàma kali ia mengadakan reses di Kecamatan Mandolang khususnya Desa Tateli III.

Ketika bertatap muka dengan masyarakat, SVR banyak sekali menerima aspirasi.

Aspirasi yang sangat penting disampaikan oleh masyarakat Tateli adalah soal lahan pekuburan. Memang di Desa Tateli Raya sudah ada lahan  pekuburan, tetapi sudah tidak bisa menampung lagi.

Salah satu warga Teteli III Reynold Runtu mengatakan,  Pemerintah Provinsi memiliki lahan 10 hektar di wilayah Tateli.

“Masyarakat sangat berharap  SVR bisa memperjuangkan lahan pekuburan dari sebagian lahan milik Pemprov tersebut,” tegas Runtu.

Salah satu aparat desa, Julian Wowiling mengharapkan juga SVR dapat memperjuangkan balai desa. Karena sampai sekarang ini, Desa Tatali III belum memiliki Balai Desa.

Hal lain yang terangkat dalam reses SVR adalah soal Kartu Indonesia Pinter (KIP). Menurut mereka, Pemerintah harus turun lagi melakukan pendataan.

Sebab yang terjadi,  warga yang menerima KIP dan bantuan lainnya seperti Jamkesda bukan orang kurang mampu yang diberikan bantuan.

Yang tak kalah penting juga disampaikan masyarakat adalah soal Galian C. Kepada SVR, mereka mengaku tidak menolak adanya Galian C. Tetapi mereka mengharapkan Galian C tersebut dilakukan reklamasi atau penghijauan.

” Harus dilakukan penimbunan dan penanaman pohon. Karena jika ini dibiarkan maka desa Tateli akan kesulitan air bersih,” ungkap warga.

Kepada masyarakat, SVR menjelaskan lahan pekuburan, Pemprov kemungkinan tak punya anggaran. “Kalau  lahan bisa diajukan ke Pemprov, dan kami akan berupaya memperjuangkannya,” aku SVR.

Mengakhiri kunjungannya, SVR pun berharap Desa Tateli III yang baru memiliki Hukum Tua yang baru, Stenly Gumalang dapat merangkul seluruh warga dan mendukung penuh tugas-tugas pemerintah di desa. (mom)