IKLAN

Tampi: Diknas Manado Harus Bertanggungjawab


Markho Tampi

Markho Tampi

MANADO – Anggota Komisi D DPRD Kota Manado Markho Tampi, menyoroti dugaan Pungli yang dilakukan oknum di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Manado. Pasalnya, pungli bagi siswa Paket C bisa saja mereka lakukan karena memang ijazah tersebut bebas biaya.

“Kami sudah mendengar, bahwa ada pungli terkait penyerahan ijazah paket C. Oknum nakal di Diknas Manado harus ditindaki. Apalagi sudah berani memasang tarif per ijazah,” kata Tampi, kepada manadoline.com, Sabtu, (23/05).

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa kejadian ini akan ditindaklanjuti Komisi D, termasuk akan memanggil pihak Diknas Manado untuk didengarkan keterangan soal dugaan pungli. “Termasuk siswa paket C, akan kami panggil. Semuanya harus dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Tampi juga menyesalkan kinerja Diknas yang tidak pro-aktif soal ijazah paket C, yang menurutnya waktu penyerahan sangat lama. Meski dirinya mengaku bahwa blangko tersebut menjadi kewenangan Diknas Provinsi. “Kerja apa mereka, masa lulusan 2013 ijazah baru bisa diserahkan tahun 2015. Memang blangko tersebut adalah kewenangan Diknas Provinsi, tapi Diknas Manado harus pro-aktif,” terangnya. (christian)