IKLAN

Tamaka : Capai Angka 98,57 Persen, Satpol-PP Tertinggi Realisasi Anggaran 2017


Kasat Pol-PP Xaverius Runtuwene saat tampil di Raker TEPRA.

MANADO – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Manado Jonhly Otta Tamaka SE, dalam Rapat Kerja (Raker) Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) awal 2018, membeberkan EPRA masing-masing Perangkat Daerah, Rabu (10/1).

Dalam pemaparan tersebut, Tamaka menuturkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado menempati tempat teratas dalam realisasi anggaran yakni mencapai 98,57 persen, menyusul Dinas P erhubungan 97,37 persen, Dinas Pangan 96,71 persen, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah 96,16 persen serta Dinas Pemuda dan Olahraga 94,68 persen.

“Jadi yang paling tertinggi pencapaian realiasi anggaaran adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), yang dikomando pak Xaverius Runtuwene, disusul PD yang lain,” jelas Tamaka.

Lanjut dikatakan, Perangkat Daerah yang terendah realisasi anggaran tahun 2017 yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah 32,28 persen, kemudian Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat 33,17 persen, Dinas Kebakaran 61,03 persen, Badan Kepegawaian dan Diklat 68,71 persen serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 76,85 persen.

“Seperti yang Pak Wawali Mor sebutkan, kepala PD harus berbenah lebih baik kedepan, sebab itu wajib dan harus,” tutur Tamaka.

Sementara, Kasat Pol-PP Xaverius Runtuwene mengatakan pencapaian tersebut merupakan sebuah keharusan yang wajib dijalankan. Apalagi, realisasi seperti itu sudah menjadi himbauan dan perintah pimpinan, yakni Pak Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan.

“Saya harap 2018 bisa lebih baik, meski 2017 sudah menjadi yang tertinggi,” pungkas Runtuwene. (stenly).