IKLAN

Tahap Pertama Baru 172 Desa di Bolmong Terima Dana Desa


Kantor BPMD Kabupaten Bolmong. (foto dok)

Kantor BPMD Kabupaten Bolmong. (foto dok)

BOLMONG – 172 desa di Kabupaten Bolmong yang menerima dana desa tahap pertama. Padahal tidak lama lagi memasuki triwulan ketiga. Sedangkan 28 desa lainnya masih dalam proses.

Sementara Bupati Salihi B. Mokodongan mengatakan agar instansi teknis bisa mempercepat proses pencairan tahap pertama sebesar 40 persen. “Saya berharap sebelum Oktober semua sudah tersalur,” tegas bupati, Kamis (17/9).

Bupati Mokodongan juga menegaskan instansi terkait harus membantu aparat desa yang belum menerimanya dalam proses penyusunan administrasi pencairan dana desa. “Bagi desa yang menemui kendala dalam membuat administrasi harus dibantu, diberi petunjuk biar cepat tuntas,” ujarnya.

Bagi desa yang sudah menerima dana tahap satu, agar segera memanfaatkan dana tersebut sesuaikan dengan peruntukkannya. “Kunci dari keberhasilan penggunaan dana desa ini yaitu mengikuti aturan yang telah ditetapkan,” tegas bupati.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sunge Paputungan menambahkan jika pegelolaan dana desa pada tahap pertama sudah selesai, maka aparat desa segera membuat surat pertanggungjawabnya (SPj). “Karena jika SPj penggunaan dana tahap pertama sudah dimasukan maka 40 persen dana tahap kedua sudah bisa dicairkan,” pungkas Paputungan. (yoan)