IKLAN

Sumolang Kritisi Pemberian Izin Ritel Modern di Bitung


Denny Sumolang

Denny Sumolang

BITUNG-Mudahnya mendapat izin pendirian ritel modern seperti Indomart dan Alfamart di Kota Bitung, mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Menjamurnya ritel modern tersebut akan berdampak sangat luas dan mematikan pedagang kecil, warung di permukiman dan pedagang di pasar tradisional.

“Pentingnya kebijakan dalam berbagai tingkatan pemerintahan sangat mutlak diperlukan untuk melindungi bisnis ritel tradisional seperti toko kecil dan warung,” ujar Anggota DPRD Sulut dari Dapil Bitung-Minut, Pdt. Denny Sumolang, Jumat (11/3).

Sumolang, Politisi PKPI, Pemkot Bitung harus mengkaji matang-matang pemberian izin bagi ritel modern sehingga tidak akan berbenturan dengan program pemerintah dalam hal pemberdayaan ekonomi kerakyatan, apalagi sampai mematikan usaha kecil pertokoan/warung masyarakat.

“Ritel modern sangat subur bertumbuh di Kota Bitung, ibarat jamur yang tumbuh subur dimusim hujan, harus ada langkah kongkrit terkait kebijakan Pemkot Bitung dalam hal ini pemberian izin bagi ritel modern dan juga upaya penguatan kemampuan bersaing bagi usaha kecil seperti warung yang ada di Kota Bitung,” ujarnya.

Ia menambahkan, warung maupun usaha ritel tradisional lainnya adalah usaha sampingan yang digunakan untuk membantu menopang perekonomian keluarga, jika sampai usaha mereka gulung tikar maka akan berdampak negatif, bertambahnya pengangguran dan juga dampak sosial lainnya.

Penguatan kemampuan bersaing ritel tradisional menuntut  peran serta banyak pihak terutama pemerintah sebagai pemilik kekuasaan regulasi.Banyaknya atribut persaingan ritel tradisional dan ritel modern dengan masing-masing  permasalahan yang ditimbulkannya, membutuhkan energi yang besar untuk mengurai dan mencarikan solusi pemecahan. (jones)

 

Manado Fiesta 2017