IKLAN

Sumendap: Anak-anak di Mitra Wajib Miliki Akta Kelahiran


Gambar ilustrasi

Gambar ilustrasi

RATAHAN — Akta kelahiran adalah bukti sah terkait status dan peristiwa kelahiran seseorang. Surat tersebut dikeluarkan langsung oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah setempat.

Sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan dimasyarakat, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH menegaskan, seluruh anak-anak di Mitra wajib memiliki akta kelahiran.

‘’Akta kelahiran merupakan dokumen yang harus dimiliki setiap warga, jadi harus menjadi perhatian para orang tua untuk membantu membuatkan dokumen tersebut untuk anak-anaknya. Semua anak wajib miliki akta kelahiran,” kata Sumendap, Selasa (6/9).

Diungkapkannya, dokumen seperti akta kelahiran merupakan hak dari para anak-anak di Indonesia, khususnya di Mitra dan hal tersebut dijamin oleh negara.

“Setiap anak adalah aset bangsa yang harus dilindungi dan dijamin haknya oleh negara, termasuk pengadaan akta kelahiran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mitra David Lalandos mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menerbitkan 26.000 akta kelahiran.

“Akta kelahiran yang sudah direalisasikan hampir 77,4 persen dari total 33.000 anak usia 0 sampai 18 tahun yang wajib memiliki akta kelahiran,” jelas Lalandos.

Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Dasar untuk Memperoleh Pelayanan Masyarakat Lainnya. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017