IKLAN

Sulut Pusat Pengembangan Industri, Pemerintah Genjot IKM


MANADO-Strategi pembangunan Industri Kecil dan Menengah (IKM) secara khusus mendapat insentif dari pemerintah pusat. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Ir Jenny Karouw MSi.

Salah satu hasil karya perajin Minut, menggunakan bahan baku daun pondang, kerajinan anyaman

Salah satu hasil karya perajin Minut, menggunakan bahan baku daun pandan. Kerajinan anyaman banyak diminati warga, (foto:Kandi/manadoline)

“13 daerah di Indonesia menjadi pusat pengembangan industri, salah satunya di Sulawesi Utara (Sulut), juga ditetapkan hanya dua yang bisa masuk keluar komoditi-komoditi industri berskala ekspor yakni di Sumatera Utara dan Sulut di Bitung,”terang Karouw.

“Makanya peraturan pemerintah khusus satu kawasan, ditetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung, bukan berarti daerah lain tidak ada perhatian tetapi sentra di Bitung mendapat support bahan baku daerah lain,”tutur Karouw.

Kebijakan IKM, baik Nasional dan Daerah perlu diketahui secara konsisten untuk pengembang menerapkan industri dan menjaga kualitasnya di Sulut.

Misalnya, IKM kerajinan tangan, pengolahan kecap, cuka dari pohon aren bukan hanya untuk gula, perajin Nata De Coco, perajin kue basah dan masih banyak IKM lainnya,”tutur Karouw bagi para perajin saat rapat kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Kamis (11/9). (srikandipangemanan)

 

Manado Fiesta 2017