IKLAN

Sulut Diserang! 4 Orang Meninggal, 351 Orang Terjangkit DBD


Wakil Gubernur Sulut, Djouhari Kansil

Wakil Gubernur Sulut, Djouhari Kansil

MANADO – Masyarakat Sulut khususnya Kota Manado, harus mewaspadai mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD). Mengingat penyakit menular ini sudah meminta korban. Dari data dari Dinas Kesehatan Sulut, korban meninggal sudah 4 orang dan yang terjangkit ada 351 orang diseluruh Sulut. Menanggapi kejadian ini, Wagub Djouhari Kansil mengadakan kunjungan ke Posko Aduan Dinas Kesehatan Sulut . Wagub Kansil mengharapkan agar Dinkes Sulut segera melakukan foging dan abate, dibantu walikota dan bupati hingga kepala lingkungan se Sulut untuk bersama-sama mengatasi agar hal ini tidak semakin menyebar.

“Data yang masuk hari Minggu, bertambah 11 kasus untuk Manado, dengan 1 orang meninggal dunia (Sitaro). Korban di Manado sudah menjadi 3 orang dengan total 115 kasus DBD,” ungkap Kadinkes Sulut Drs. Grace Punuh melalui Kabid Promkes dr Ingrid Girot M.Kes, dan Kabid PMK dr Hendrik Tairas, minggu malam kepada wartawan.

Untuk Kotamobagu ditemukan1 kasus DBD. Sebelumnya untuk seluruh Sulut pada Kamis (29/01) lalu, sebanyak 274 korban. Sehubungan dengan kejadian ini Dinkes Sulut telah membuka Posko PMK yang dibuka 1 X 24 jam, dengan nomor telepon aduan dr Arther Tooy 081340019550 dan Ibu Merry Pasorong 085298428721.

Wagub Kansil, saat turun melakukan Foging dan pembagian Abate di Kecamatan Mapanget, pemprov Sulut akan mendukung dan membantu segala upaya yang akan dilakukan Kabupaten dan Kota untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat DBD. Masyarkat juga diminta intens mencegah DBD dengan melakukan3 M, yaitu menutup tempat – tempat air menguras bak mandi atau ember yang tergenang air serta Mengubur barang bekas.

“Semua akan berjalan dengan baik, apabila seluruh perangkat pemerintah melakukan control kepada warganya, termasuk menginformasikan kepada warga terkait bahaya DBD dan mengaktifkan kembali Posyandu. (charly)