IKLAN

"INDONESIA KERJA NYATA" SULUT HEBAT

Spektakuler! Pencanangan HUT RI dan Provinsi, Ini Agendanya Hingga 23 September 2016


"INDONESIA KERJA NYATA" SULUT HEBAT

MANADO-Akhirnya, serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 dan peringatan HUT ke-52 Sulawesi Utara (Sulut) telah dimulai dan beberapa hari kedepan nantinya bakal spektakuler. Terlihat melalui pencanangan yang dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey di halaman kantor Gubernur Jumat (12/8).

MERIAH: Pencanangan kegiatan ditandai  pelepasan balon udara oleh Ketua TP PKK Sulut Ibu Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan serta pelepasan burung merpati di halaman Kantor Gubernur, Jumat (12/8) (foto:Ist)

MERIAH: Pencanangan kegiatan ditandai pelepasan balon udara oleh Ketua TP PKK Sulut Ibu Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan serta pelepasan burung merpati di halaman Kantor Gubernur, Jumat (12/8) (foto:Ist)

Pencanangan kegiatan itu ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Ketua TP PKK Sulut Ibu Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan serta pelepasan burung merpati. Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi selaku Ketua Umum Panitia melaporkan, rangkaian kegiatan yang telah dan yang akan dilaksanakan yakni lomba gerak jalan, 8 Km, 17 Km dan lomba gerak jalan 45 Km.

Tiga kegiatan lomba tersebut telah berlangsung pagi tadi dan Sabtu (hari ini-red). Selanjutnya Senin 15 Agustus Gubernur akan melakukan pengukuhan Paskibraka Sulut di ruang Mapalus Kantor Gubernur.

Kemudian, 16 Agustus Paripurna istimewa DPRD Sulut untuk mendengar Pidato Kenegaraan RI. Malam harinya dilakukan pawai taptu, start dari halaman Polda Sulut, pada pukul 24:00 Wita akan dilakukan apel renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi.

Lanjut Palandung, kegiatan 17 Agustus dilaksanakan tradisi Adhi Bangkit di Bumi Beringin Manado pukul 05:00 Wita, upacara bendera dalam rangka pemberian remisi di rumah tahanan dilanjutkan dengan Upacara Detik-Detik Proklamasi di halaman Kantor Gubernur. Sorenya dilakukan Upacara Penurunan Bendera Pusaka di halaman Kantor Gubernur.

Selain itu, untuk peringatan HUT Provinsi Sulut Palandung katakan diwarnai dengan berbagai kegiatan olahraga antar SKPD dan Instansi, pameran pembangunan dan promosi daerah, festival kesenian, ziarah ke makam mantan Gubernur, mantan Wagub, mantan makam Sekprov Sulut. Serta puncak acaranya dilaksanakan melalui peringatan upacara bendera pada 23 September 2016 di halaman Kantor Gubernur Sulut,”jelas Palandung.

Pencanangan kali ini, panitia telah mengagendakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemprov dan Polda Sulut untuk pelatihan bahasa China dan bahasa Inggris untuk polisi pariwisata, penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemprov dengan Unsrat untuk pemberian biaya operasional 400 orang calon mahasiswa kurang mampu tapi memiliki prestasi akademik baik/berprestasi melalui program bidik misi dan pelepasan 20 orang siswa yang akan mengikuti kursus bahasa Mandarin di dua Universitas di China serta penanaman pohon jenis Agatis di halaman kantor gubernur.

Senada, Karo Pemerintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong MSi sebagai Sekretaris Umum Panitia mengungkapkan dalam kegiatan ini telah diserahkan hadiah door prise yang merupakan bantuan dari BUMN-BUMD dan Perbankan, antara lain dari Bank Indonesia Sulut 4 unit sepeda, BRI 3 unit sepeda dan 20 tabungan senilai Rp.500 ribu, Bank Sulutgo 50 item bingkisan, Telkom Sulut 100 Voucer pulsa dan power bank 12 unit serta dari Pertamina 4 unit sepeda.

Gubernur menyambut gembira pelaksanaan kegiatan ini, karena dari sinilah kita dapat mengekspresikan rasa cinta dan banga akan tanah air dan tanah Sulut, sekaligus sebagai wujud sumbangsi dan tanda kesiapan kita untuk terus berupaya mengisi kemerdekaan dengan pembangunan disegala dimensi yang ada,”tutur Kumendong, sembari menambahkan selang pertengahan 17 Agustus hingga 23 September diisi dengan beberapa kegiatan lomba dan pameran Provinsi hingga sampai puncak HUT Provinsi 23 September nanti.

Ketika ditanyai Manadoline berkaitan dengan tema 2016 untuk HUT Kemerdekaan RI ke 71 yaitu “Indonesia Kerja Nyata”. Kumendong menambahkan kinerja kerja nyata itu dibuktikan pemerintahan sekarang akan terlihat secara real, berkaitan dengan pencanangan bertepatan dengan enam bulan kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK)

Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia kita patut menyadari akan tanggungjawab kita dalam meneruskan perjuangan para pendiri negara (Pahlawan), sekaligus wujud bhakti kita kepada negara tercinta dengan senantiasa melakukan tindakan-tindakan positif,”ungkap Olly kepada Wagub Steven Kandouw, Ketua TP PKK Sulut, unsur Forkopimda Sulut, unsur TNI/Polri, Pimpinan dan Anggota Deprov Sulut serta para pejabat teras lingkup Pemprov Sulut yang hadir serta bertepatan hari ini (Jumat-red) genap enam bulan kepempinan ODSK memimpin Provinsi.

(srikandi/Hm)