IKLAN

Sosialisasi KIPM, Ikan Harus Diperlakukan Khusus


Sosialisasi cara penaganan ikan diatas kapal

Sosialisasi cara penaganan ikan diatas kapal

BITUNG-Penanganan ikan di atas kapal harus baik dan benar agar di peroleh hasil yang semaksimal mungkin. Keberhasilan penanganan ikan di atas kapal dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya alat penanganan, media pendingin, teknik penanganan, dan keterampilan pekerja.

 

“Adapun Pemakaian alat-alat penanganan yang lengkap dan baik dalam arti dapat memperkecil kerusakan fisik, kimia, mikrobiologi dan biokimia akan memberikan hasil yang maksimal,” kata Wakil Walikota Bitung M.J Lomban, saat membuka sosialisasi cara penanganan ikan yang baik diatas kapal dan tingkat Supplier yang diprakarsai oleh Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kls II Manado, Jumat (26/6), bertempat di balai Diklat Aertembaga Bitung.

 

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mudah membusuk, hal ini dapat dilihat pada ikan-ikan yang baru ditangkap dalam beberapa jam saja kalau tidak diberi perlakuan atau penanganan yang tepat maka ikan tersebut mutunya menurun. Oleh karena itu Ikan harus diberi suatu perlakuan atau penangan yang baik agar supaya mutu kualitasnya tidak menurun, dengan menerapkan suatu prinsip penanganan, yaitu Cepat,Cermat, Bersih dan Sehat.

 

“Sebab ikan sehat yakni bebas dari hama penyakit ikan, dimana komoditasnya terjamin kesehatannya, sehingga menjadi komoditas unggulan untuk dilalulintaskan baik domestik lokal maupun ekspor,” kunci Lomban.

Turut hadir Kepala Pusat BKIPM dan Kepala Balai KIPM Manado. (jones)