IKLAN

Soal WTP, Wawali Mor : Kepala PD Harus Koorporatif Memberikan Laporan, Jangan Lari Dari Pemeriksaan BPK


Wawali Mor saat ingatkan Kepala PD soal WTP, terutama harus koorporatif dalam menghadapi pemeriksaan BPK.

MANADO – Wakil Walikota (Wawali) Manado Menegaskan setiap Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado wajib bersikap koorporatif dalam merespon kegiatan pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Hal ini disampaikan Wawali Mor dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) awal 2018, Rabu (10/1). Terutama mengenai penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI, bersifat wajib sebagai bentuk perbaikan dari penghargaan yang diterima Pemkot Manado 2017 lalu yang hanya mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Sebab itu, Wawali Mor terkait pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), meminta para kepala Perangkat Daerah agar kooperatif dalam memberikan laporan.

“Dalam Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan tahun 2017, kami welcome kepada pihak BPK yang datang memeriksa. Saya minta kepala Perangkat Daerah harus koorperatif mengawal dan memberikan laporan, jangan lari dari pemeriksaan. Supaya Opini BPK untuk Kota Manado berubah yakni meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) bukan lagi WDP (Wajar Dengan Pengecualian),” tegas Wawali Mor.

Ditambahkan, sekarang ini untuk memonitor EPRA tidaklah sulit karena dibantu dengan teknologi aplikasi Cerdas EPRA Online (CEO). Aplikasi ini dibuat agar dimanapun para pejabat Pemkot Manado berada, bisa diakses untuk melihat perkembangan pelaporan baik fisik maupun keuangan masing-masing.

“Saya dan Pak Walikota meskipun berada di luar daerah, kami terus memonitor lewat aplikasi Cerdas EPRA Online ini. Aplikasi yang dihadirkan ini semata-mata untuk membantu kita di Pemkot Manado dalam melakukan pengawasan terhadap sistem keuangan kita yang lebih transparan,” terang Wawali Mor. (stenly).