IKLAN

SKP2 Kasus MMS Dianulir


Hakim Jemmy Lantu

Hakim Jemmy Lantu

MANADO – Hakim Jemmy Lantu telah menganulir penerbitan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) atas Marlina, yang dilakukan Kejaksaan Negeri Kotamobagu. Serta meminta kejaksaaan untuk segera mungkin melimpahkan berkas Marlina ke pengadilan.

Putusan yang dikeluarkan Hakim dalam sidang praper tersebut, secara otomatis menyandangkan kembali status tersangka ke MMS dan membatalkan penerbitan SKP2 Kejari Kotamobagu.

Gugatan praper sendiri diajukan LSM Formak Sulut melalui Penasehat Hukumnya, yang berpandangan bahwa langkah yang ditempuh Kejari Kotamobagu inprosedural atau tidak sesuai prosedur.

Kejanggalan tersebut diuraikan dalam gugatan, dengan penjelasan bahwa pada Desember 2014 Kejari Kotamobagu selaku pihak Termohon telah menyatakan bahwa hasil penyidikan kasus sudah lengkap (P-21), yang kemudian telah diserahkan berkas serta tersangkanya oleh Polres Bolmong kepada pihak Kejari.

Namun, pada 1 Juli 2015, herannya Kejari Kotamobagu yang dikepalai Fien Ering SH, malah mengeluarkan SKP2. Hal tersebut, tidak didiamkan begitu saja oleh LSM yang telah mengawal kasus ini sejak awal. Alhasil, gugatan praper pun diajukan. Dan hasilnya, putusan pengadilan membenarkan adanya kejanggalan dalam upaya melepaskan MMS dari jeratan hukum.(ekaputra)