IKLAN

Sistem Perizinan Dipermudah, Wawali Mor : Jangan Takut Berinvestasi di Manado


Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan saat menyampaikan materi sekaligus sambutan dalam kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pegawai DPMPTSP untuk profesional semakin lebih baik dalam bekerja, beberapa hari lalu.

MANADO – Kebijakan Pemerintah Kota Manado membuat inovasi dalam sistem perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mando, diapresiasi. Selain terobosan-terobosan brilian yang dilakukan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan, percepatan proses data pengeluaran izin juga semakin dipersingkat.

Bukti konktrit dari terobosan itu membuahkan hasil. Baru-baru ini Pemkot Manado menerima penghargaan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), atas kemudahan pelayanan perizinan pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah.

Wakil Walikota (Wawali) Manado Mor Dominus Bastiaan menuturkan sistem perizinan saat ini sudah dipermudah. Jika sebelumnya pengurusan izin diselesaikan dalam waktu dua sampai tiga minggu, saat ini hanya dalam hitungan dua tiga hari izin sudah dikeluarkan. Ada pula izin yang bisa keluar hanya satu hari. Sebab itu, kepada investor untuk jangan takut berinvestasi di Kota Manado. Karena saat ini sangat banyak investasi tempat usaha yang masuk, baik itu membangun perumahan, mall, swalayan besar dan sedang maupun ritel modern.

“Investor saat ini berlomba-lomba untuk membangun tempat usaha di Manado. Buktinya ada, dan dalam pengurusan izin untuk membangun. Sebab itu, kepada investor lain yang ingin membangun usaha di manado dipersilahkan, karena berkas perizinan sebagai dokumen penting membangun, saat ini sistemnya sudah dipermudah. Jadi diyakini tidak akan berlama-lama, asalkan berkas yang dimasukan lengkap dan pembangunannya tidak menyalahi aturan,” tukas Wawali Mor.

Lanjut dikatakan, dengan adanya pembangunan tempat usaha dari para investor, Pemkot Manado sendiri berharap ada korelasi dan kerjasama yang baik dengan investor atau perusahaan terkait. Dimana, pembayaran pajak, kebersihan lingkungan, perekrutan tenaga kerja dan lainnya, mohon diperhatikan matang. Dengan begitu, maka Kota Manado bukan tidak mungkin akan bersaing dengan kota maju lainnya di Indoensia maupun luar negeri. (sten).