IKLAN

Sindikat Narkoba Davao Masuk Sulut, Ini Pengakuan Pengedar Sabu Filipina Yang Ditangkap Polda


Pengedar Narkoba jenis Sabu Sabu warga negara Filipina yang ditangkap Polda Sulut

Pengedar Narkoba jenis Sabu Sabu warga negara Filipina yang ditangkap Polda Sulut

MANADO — Sulawesi Utara (Sulut) terus menjadi lahan empuk para pengedar narkoba. Tak tanggung-tanggung, para pengedar yang mengincar daerah Bumi Nyiur Melambai ini berasal dari Negara luar Indonesia.

Itu dibuktikan dengan kerja keras jajaran Polda Sulut melalui Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) yang berhasil meringkus seorang pengedar narkoba jenis sabu-sabu berinisial DP warga Filipina.

DP ditangkap, Kamis (12/3) sekitar pukul 10.30 Wita di depan sebuah counter HP, di Jalan Raya Melonguane, Talaud. Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti sabu yang terbagi dalam tiga paket dengan berat total 10,01 gram.

Dirresnarkoba Polda Sulut Kombes Pol. Edy Djubaedi, SIK, MH, saat konferensi pers, Senin (16/3), juga menghadirkan tersangka dan barang bukti. Menurut Kombes Djubaedi, tersangka merupakan jaringan Filipina dan penangkapan ini berdasarkan pengembangan dari kasus penangkapan sebelumnya di Manado. Dijelaskan, sabu tersebut dibawa tersangka DP dari Davao (Filipina) ke Talaud melalui jalur laut dengan menggunakan pamboat.

Dirresnarkoba menambahkan, tersangka tertangkap dalam aksinya yang ke tiga. “Dia (tersangka) mengatakan sudah tiga kali ini (mengedarkan sabu) dan baru tertangkap,” ujar Dirresnarkoba.

Kabid Humas Polda Sulut AKBP Wilson Damanik, SH, mengatakan, tersangka DP sehari-hari bekerja sebagai pedagang. “Tersangka adalah seorang pedagang, namun ternyata juga menjadi pengedar sabu. Dan sabu tersebut rencananya akan diedarkan di Sulawesi Utara,” pungkas Kabid Humas.

Dengan demikian hingga pertengahan bulan Maret 2015 ini, Ditresnarkoba Polda Sulut telah berhasil mengungkap 2 kasus peredaran sabu. Sebagaimana diketahui, pada 1 Maret lalu Ditresnarkoba menangkap tersangka R berikut barang bukti 3 gram sabu, di Bandara Sam Ratulangi Manado sesaat usai turun dari pesawat. Hal ini tentunya menambah daftar prestasi kinerja Ditresnarkoba Polda Sulut dalam upaya penindakan terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkoba, khususnya di daerah Bumi Nyiur Melambai. (anto reppy/mym)

 

Manado Fiesta 2017