IKLAN

Seriusi OVOP, Disperindagkop Mitra Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Usaha IKM


RATAHAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pasar (Disperindagkop), menggelar pelatihan bagi para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM).

“Pemkab menseriusi program One Village One Product (OVOP), makanya perlu adanya pendampingan bagi para pelaku usaha ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Farry Liwe MSc, saat membuka pelatihan bagi para pelaku usaha dan IKM di Kantor Disperindagkop Minahasa Tenggara, Selasa (9/8).

Farry Liwe didampingi

Sekda Farry Liwe didampingi Kepala Diserindagkop Marie Makalow, saat membuka pelatihan IKM

Dirinya menuturkan, Pemkab mempunyai beberapa paket kebijakan dalam peningkatan kapasitas para pelaku IKM.

“Kami punya beberapa kebijakan bagi para pelaku usaha, seperti pelatihan, pendampingan, bahkan memfasilitasi untuk permodalan,” jelasnya.

Liwe menambahkan, agar para pelaku usaha tersebut dapat memanfaatkan setiap potensi yang ada untuk pengembangan usaha.

“Harus memanfaatkan potensi yang ada di desa masing-masing, sehingga akan menjadi produk unggulan, dan bisa berkompetisi di pasar,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, IKM di Minahasa Tenggara dapat lebih berkembang dan semakin maju.

“Saya harap pelaksanaan IKM ini, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan keluarga, dan menyerap tenaga kerja,” tandas Farry.

Sementara itu menurut Kepala Diserindagkop Marie Makalow menambahkan, dengan adanya pelatihan tersebut pelaku IKM dapat mengembangkan produk yang berada di masing-masing desa.

“Kita harapkan para pelaku usaha bisa mengembangkan produk yang ada di desanya, dan bisa di jual ke pasaran. Makanya dari pelatihan ini mereka juga mendapatkan penjelasan dan pendampingan terkait untuk pengembangan produk,” tandasnya. (fensen)

 

Manado Fiesta 2017