IKLAN

Sekot Bitung Pantau Kebakaran 600ha Lahan di Batu Putih


Drs. Edison Humiang, MSi

Drs. Edison Humiang, MSi

BITUNG-Akibat kemarau panjang selang beberapa bulan terakhir, ratusan hektar lahan dan hutan di Kota Bitung tepatnya di Wilayah Batu Putih kecamatan Ranowulu dilalap si jago merah. Berdasarkan informasi tersebut, Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang, MSi langsung melakukan pemantauan disekitar lokasi kebakaran didampingi pihak polisi Kehutanan dan aparat kecamatan setempat, Jumat (25/9).

Kebakaran 600ha lahan di Batuputih Kecamatan Ranowulu Kota Bitung

Kebakaran 600ha lahan di Batuputih Kecamatan Ranowulu Kota Bitung

Dari pemantauan tersebut kebakaran sudah mulai meredah, karena Badan Penangulangan bencana Kota Bitung bersama masyarakat setempat sudah melakukan pemadaman. Menurut Humiang kebakaran ini sangat mengkwatirkan sebab lahan yang terbakat mencapai 600 lebih Hektar dimana sebagian besar kawasan yang terbakar merupakan rumput kering.

“Api merembet dan menghanguskan berbagai jenis tanaman seperti kelapa, jagung dan tanaman lain yang berada disekitarnya. diduga kebakaran tersebut berasal dari tengah-tengah kawasan perkebunan sehingga merembet akibat tiupan angin kencang,” jelas Humiang.

Apalagi Lahan yang kering ditambah dengan panas matahari membuat lokasi tersebut  mudah terbakar, untuk itu dimintakan kepada masyarakat agar berhati-hati. Sekot juga menegaskan bahwa potensi kebakaran tinggi masih akan berlanjut mengingat musim kemarau masih panjang. 

“Sebagai upaya menanggulangi kebakaran pihak Pemerintah meminta agar warga lebih berhati-hati jika membakar hasil perkebunan dan pertanian seperti kopra dan sebagainya, sebab musim kemarau mengakibatkan banyak tanaman yang kering dan mudah terbakar,” harap Humiang. (jones)