IKLAN

‘Sapu Laut’ ala Nelayan Wenang – KNPI – Disparbud di Megamas Besok Pagi


Kegiatan bersih-bersih laut di Kota Manado beberapa waktu lalu

Kegiatan bersih-bersih laut di Kota Manado beberapa waktu lalu

MANADO – Kesadaran masyarakat menjadikan laut Manado bersih dalam mendukung program pemerintah terus tumbuh. Salah satu contoh aksi solidaritas akan dilakukan Kelompok Nelayan Kelurahan Wenang bekerjasama dengan KNPI Manado, Jumat (25/8) besok.

Menurut Ketua Kelompok Nelayan Wenang, Ronald Marcus, kegiatan solidaritas ini akan dimulai pagi besok pukul 08.00 Wita mengambil lokasi di Kawasan Megamas. “Kegiatannya Sapu Laut. Saat ini masalah sampah plastic di laut menjadi isu penting di Kota Manado,” katanya.

Selaku kelompok nelayan, mereka pun tergerak hati bekersama dengan pemerintah menunjang Manado Kota Pariwisata.

“Sampah di laut perlu mendapat perhatian karena jumlahnya yang kian bertambah seiring modernisasi peradaban. Plastik yang berupa bekas botol, kantong, dan kemasan lama-kelamaan menjadi mikroplastik (debris) sangat berbahaya jika termakan ikan-ikan yang kemudian dikonsumsi manusi,” tegas Markus..

Selain menyebabkan pencemaran, menurut wartawan sebuah majalah ternama di Manado ini, sampah plastik yang tidak bisa terurai bisa mengakibatkan penurunan kualitas perairan, kerusakan ekosistem laut, dan lambatnya pertumbuhan ikan.

Selain itu, juga kerugian ekonomi bagi nelayan serta masyarakat yang bermatapencaharian di sektor pesisir pantai. “Karena itu kami kelompok Nelayan Wenang serta beberapa organisasi kepemudaan KNPI Manado, Manguni Lovers, serta didukung Sejumlah media di Kota Manado dan Pemerintah Kota Manado, berupaya mengurangi sampah plastik dengan melakukan Program SAPU LAUT (bersih-bersih pantai). Kalau Bukan Kita Siapa Lagi..???” tandas Markus. (antoreppy)