IKLAN

Sambangi Cerdas Command Center, Olly Puji Terobosan GSVL-MOR


Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat mengunjungi Cerdas Command Center, didampingi Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan.

MANADO — Langkah cerdas membangun Kota Manado yang dipimpin Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Wakil Walikota Mor Bastiaan, dipuji Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Apresiasi tersebut disampaikan saat mengunjungi Cerdas Command Center (C3) Pemkot Manado, pasca upacara HUT Kota Manado yang ke-394 tahun, Jumat (14/7).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan sangat terkesima dengan terobosan yang dilakukan oleh GSVL-MOR untuk bangunan C3. Apalagi, mengenai distribusi data yang ada sangat up to date, terlihat pada masing-masing aplikasi yang dipresentasikan.

“Pemerintah Kota Manado memulai langkah cerdas membangun daerah. Salah satu bukti, dengan disediakannya Command Center, sebagai perimbangan kebutuhan informasi. Yang mana, tidak hanya mengenai data pemerintahan, tapi juga keadaan darurat seperti bencana bisa ditampilkan informasinya, bekerja sama dengan BMKG,” ujar Dondokambey.

Lanjutnya, langkah kebijakan GSVL-MOR sudah baik, dan diharapkan lagi untuk lebih dimantapkan lagi. Karena sekalipun sudah terlihat baik bukan berarti tidak ada yang perlu diperbaiki. Kita harus terus berkembang, untuk tetap menjadi yang terbaik, dan semoga dengan HUT Kota Manado ini, pencapaian Kota Manado kedepan untuk lebih ditingkatkan.

Sementara, Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan terkait Command Center saat ini sudah baik. Banyak informasi bisa diakses melalui beberapa aplikasi yang sudah disediakan. Ada terkait data harga barito, cuaca, akses CCTV untuk suasana ruas jalan Kota Manado dan beberapa informasi yang sudah dengan mudah diperoleh.

“Meskipunsaat ini banyak inovasi sudah dikerjakan di Command Center, tapi kedepan dipastikan lagi akan lebih banyak terobosan. Karena saat ini Pemkot juga sedang mencoba melihat beberapa fasilitas pendukung seperti aplikasi, untuk menjalankan kebutuhan pengawasan dan kebutuhan penyempurnaan data yang sudah tersimpan dalam sistem Command Center,” tukas Lumentut.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Erwin Kontu mengatakan dengan adanya Command Center, sistem kerja pemenuhan dan penyebaran informasi lebih efisien dan efektif.

“Kehadiran Command Center cukup memberikan keringanan dalam bekerja. Sistem yang dipasang juga terstruktur dengan baik, dan mudah diakses. Terutama mengenai ketersediaan data, banyak yang sudah tersimpan dalam data base yang sudah disediakan. Sehingga, mempermudah pemenuhan data ketika diperlukan. Termasuk juga untuk fungsi kontrol, saat ini masih dalam tahap pengembangan meskipun beberapa persoalan sudah terlihat diawasi dengan baik,” pungkas Kontu. (Stenly).

 

Manado Fiesta 2017