IKLAN

Rolling AKD, Moniaga-Tombeng ‘Memanas’ di Paripurna


Herry Tombeng dan Juddie Moniaga

Herry Tombeng dan Juddie Moniaga

MANADO – Rolling AKD yang dilakukan Partai Gerindra membuat suasana rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw  tegang.

Pasalnya, Ketua Fraksi Gerindra Juddie Moniaga dan anggota Fraksinya Herry Tombeng saling interupsi dalam rapat paripurna tersebut.

Herry Tombeng menyatakan, keberatannya dirolling oleh partai  dari Komisi 3 ke Komisi 4. Dan dikeluarkan dari Badan Anggaran dan masuk Badan Legislasi.

Ketegangan ini terjadi ketika Sekertaris Dewan B Mononutu membacakan surat masuk dari Fraksi Gerindra.

Dalam rapat tersebut, Tombeng mantan Ketua Fraksi Gerindra menolak keputusan rolling yang dikeluarkan DPD Gerindra ditandatangani langsung oleh Glenny Kairupan dan Sekertaris Melki Suawah.

Tombeng bersikeras surat yang dibacakan oleh Sekwan melanggar aturan dalam tata tertib dewan.

Yang menegaskan dalam Tatib diatur bahwa melakukan pergantian personil Alat Kelengkapan Dewan (AKD) harus pada penetapan awal anggaran.

“Saya menghargai menghormati surat masuk dari Partai Gerindra. Tapi kita juga harus mentaati aturan dalam Tatib,” ungkap Tombeng.Sembari mempertegas surat masuk dari Partai Gerindra lewat Fraksi menyalahi Tatib.

Sementara itu, Juddie Moniaga selaku Ketua Fraksi dalam rapat Paripurna langsung interupsi dan membantah tudingan yang diajukan Herry Tombeng.

Moniaga menegaskan bahwa surat masuk dari Partai Gerindra lewat Fraksi itu sudah sesuai dengan aturan.

“Surat tersebut dari DPD Partai Gerindra. Fraksi hanya perpanjangan tangan dari Partai dan tidak menyalahi aturan,” kata Moniaga.

Meskipun terjadi interupsi antara Moniaga dan Tombeng, Ketua Dewan Andrei Angouw tetap mensahkan surat masuk tersebut.

“Kami berharap persoalan ini dapat diselesaikan oleh internal partai Gerindra. Kalaupun ada perubahan surat yang baru pimpinan dewan siap menindaklanjutinya,” tutur Angouw saat memimpin sidang.

Usai Paripurna dengan agenda tanggapan Fraksi soal Ranperda Zonasi, Tombeng dihadapan para wartawan menyatakan ia tidak akan keluar dari Komisi 3. “Kalau pun dikeluarkan saya akan menggugat ke PTUN,” tegas Tombeng.

Sementara Juddie Moniaga yang sempat dikonfirmasikan mengakui jika benar Tombeng akan melakukan gugatan ia akan menyampaikannya ke DPD. ” Fraksi hanya menjalankan printah partai,” imbuh Moniaga, Rabu (24/2). (mom)

 

Manado Fiesta 2017